LONGSOR SLEMAN : Kerusakan Pipa Akibat Longsor Langsung Diperbaiki

Tanah longsor di Tlogoputri Kaliurang Pakem Sleman, Rabu (12/10/2016). (Abdul Hamied Razak/JIBI - Harian Jogja)
12 Oktober 2016 14:20 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Longsor Sleman menyebabkan kerusakan pipa PDAM

Harianjogja.com, SLEMAN- Pipa aliran air bersih yang diakibatkan longsor dipipa  wilayah Umbulharjo, Cangkringan, langsung diperbaiki.

Perbaikan dilakukan oleh warga dan instansi terkait, seperti PDAM dan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman.

Kepala Desa Umbulharjo Suyatmi yang terjun langsung ke lokasi longsor menjelaskan, warga bersama instansi terkait langsung gotong royong memperbaiki pipa saluran air bersih yang putus akibat longsor.

"Tadi pipa saluran air yang putus sudah disambung lagi. Saat ini aliran air bersih sudah normal kembali," jelasnya, Rabu (12/10/2016).

Menurutnya, longsor tidak hanya mengakibatkan pipa air bersih putus, tetapi juga merusak saluran irigasi di wilayah Jembatan Pluyon. Tanah yang longsor menutup aliran air ke wilayah Desa Umbulharjo.

"Akses air bersih untuk warga terputus. Tadi pagi tidak ada air, makanya perbaikan saluran air bersih itu cepat dilakukan," ujarnya.

Putusnya saluran pipa air air dan jalur irigasi di wilayah Utara akibat longsor tersebut sempat mengganggu distribusi air bersih ke sejumlah warga. Meliputi, 200 KK pelanggan air PDAM Sleman, PAM Umbulharjo untuk 1500 KK.

Aliran air dari pipa hidran yang dinikmati oleh 350 KK di Panguk dan Ngrangkah, hingga hunian tetap di Karangkendal sempat terhenti. "Saat ini aliran air sudah mulai normal," kata Suyatmi.