Mahasiswa UPN Veteran Jogja Sambut Wisudawan Ala Suporter Bola

Penyambutan unik wisudawan UPN Veteran Jogja, Sabtu (15/10 - 2016). (Foto istimewa)
16 Oktober 2016 23:30 WIB Sleman Share :

Mahasiswa UPN Veteran Jogja memberikan sambutan secara unik terhadap wisudawan

Harianjogja.com, SLEMAN - Mahasiswa Fakultas Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Jogja punya cara unik dalam melakukan sambutan terhadap para seniornya yang telah diwisuda, Sabtu (15/10/2016).

Para mahasiswa ini melakukan selebrasi penyambutan kepada para wisudawan selayaknya suporter sepak bola memberikan dukungan kepada timnya saat bertanding di stadion.

Mereka membawa beragam ornamen, mulai bendera fakultas hingga spanduk bertuliskan ucapan selamat dan motivasi sukses dalam dunia karier nantinya. Dengan iringan drum band, para mahasiswa ini juga mengkreasikan lagu-lagu penyemangat untuk kakak tingkat mereka yang masih mengenakan toga.

Muhammad Faizal Amin, mahasiswa semester tujuh UPNV Jogja mengaku kegiatan semacam itu sudah menjadi tradisi di fakultas.

"Jadi ini apresiasi dari para adik tingkat. Seluruh mahasiswa Fakultas Teknik Industri, dari mahasiswa baru hingga yang sudah semester akhir terlibAt dalam kegiatan ini," ujarnya saat ditemui Harianjogja.com, Sabtu siang.

Menurut dia, kegiatan semacam itu sekaligus untuk menguatkan kedekatan antara mereka yang sudah lulus dengan mahasiswa yang masih aktif kuliah.

"Kakak tingkat kini berstatus alumni, jangan sampai ikatan dengan adik tingkat terputus. Jadi selain memberi semangat, kami juga ingin menguatkan hubungan dengan para alumni," jelas dia.

Pasalnya, lanjut dia, bagaimana pun peran alumni sangat penting bagi almamaternya. Keberadaan alumni bisa pula menjadi sebuah peluang bagi adik tingkat nantinya, baik ketika melakukan magang kerja maupun saat merintis karier setelah lulus kelak.

"Doa kami kakak tingkat yang sudah lulus ini sukses dalam karier sesuai keahlian yang dimiliki serta tidak melupakan almamaternya," jelasnya.

Bersambung halaman 2


Sementara itu, pada acara wisuda itu UPN Veteran mewisuda sebanyak 683 lulusan.

Dalam sambutannya Rektor UPNV Jogja Prof. Dr. Sari Bahagiarti menyampaikan sejumlah prestasi kampus serta civitas akademika yang dicapai setahun terakhir. Sari juga menyampaikan sejumlah pembukaan program studi baru setelah kampus itu berubah status menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) di bawah naungan Kementerian Pertahanan.

Selanjutnya kepada para wisudawan, rektor meyampaikan pesan agar para alumni nantinya tetap menjaga silaturahmi dan selalu kontak dengan almamaternya.

"Ilmu pengetahuan yang telah saudara dapatkan di bangku kuliah saya harap dapat dimanfaatkan sebagai bekal untuk turut membangun bangsa dengan dilandasi sikap disiplin, perjuangan dan kreativitas," papar Sari.

Dalam wisuda tersebut sebanyak 11 lulusan berhasil mendapatkan penghargaan Karya Cendekia Wisuda.