Belasan Potongan Besi Mirip Pistol Ditemukan saat Merenovasi Masjid

JIBI/Harian Jogja - dokumen
31 Oktober 2016 02:20 WIB Sunartono Jogja Share :

Polsek Umbulharjo Kota Jogja mengamankan 12 potongan besi yang menyerupai bentuk senpi jenis pistol,

Harianjogja.com, JOGJA- Polsek Umbulharjo Kota Jogja mengamankan 12 potongan besi yang menyerupai bentuk senpi jenis pistol, Sabtu (29/10/2016). Besi yang merupakan rangka pistol rakitan itu ditemukan di sebuah masjid dan rumah warga di Jalan Sawit RT12/RW05 Semaki, Umbulharjo, Kota Jogja.

Kapolsek Umbulharjo AKP Yugi Bayu Hindarto menjelaskan penemuan potongan besi tersebut memang menyerupai rangka pistol. Oleh karena itu, ada dugaan bahwa besi itu diduga akan digunakan untuk pistol rakitan. Hanya saja, pihaknya belum mengetahui pemilik potongan besi itu.

"Kami masih memeriksa saksi-saksi, belum diketahui siapa pemiliknya dan akan digunakan untuk apa. Bentuknya memang mirip [senpi]," terangnya, Minggu (30/10/2016).

Penemuan rangka pistol rakitan itu berawal saat sedang dilakukan renovasi Masjid di Jalan Sawit RT12/RW05 Semaki. Pada Jumat (28/10/2016) sore, seorang tukang bangunan bernama Yudi asal Klaten menemukan potongan besi pistol rakitan itu berada di antara dinding masjid sisi utara berbatasan dengan sebuah rumah yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan dan tempat penitipan anak.

Bersambung halaman 2

Di sela-sela dinding kedua bangunan tersebut, saksi Yudi menemukan dan langsung mengamankan 12 potongan besi.

Kemudian keesokan harinya, Sabtu (29/10/2016) menginformasikan temuan itu kepada tokoh warga setempat dan langsung melaporkan ke Mapolsek Umbulharjo.

"Kami datang ke TKP [tempat kejadian perkara] mengamankan barang bukti 12 potongan besi tersebut," ujar Yugi.

Potongan besi itu sebagian besar telah berkarat. Dari 12 potongan, sebanyak enam potongan di antaranya telah menyerupai senpi jenis pistol genggam, dilengkapi dengan lingkar pelatuk yang diduga sebagai rangka utama. Sedangkan potongan besi lainnya bentuk beragam yang diduga sebagai rangka tambahan dari senpi rakitan.

Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo Iptu Supatno menambahkan, dilihat dari bentuknya rangka senpi itu sudah berusia lama. Meski demikian pihaknya tetap menyelidiki penemuan tersebut. Berdasarkan keterangan warga, sebelum bangunan tersebut dijadikan Mushola pada 1998, pernah digunakan sebagai tempat usaha kerajinan perak.