Tim Basarnas Latihan Penyelamatan Kecelakaan Air Gunakan Motor Tempel dan Jetski di Pantai Congot

Sedikitnya 30 personil Basarnas Yogyakarta melakukan latihan penanganan laka air di Muara Bogowonto, Pantai Congot, Jangkaran, Temon pada Rabu (16/11/2016). (Harian Jogja - Sekar Langit Nariswari)
17 November 2016 08:20 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Badan SAR Nasional (Basarnas) Yogyakarta menggelar latihan penyelamatan korban kecelakaan air (laka air)

 
Harianjogja.com, KULONPROGO-Badan SAR Nasional (Basarnas) Yogyakarta menggelar latihan penyelamatan korban kecelakaan air (laka air) di muara Sungai Bogowonto, Pantai Congot, Jangkaran, Temon pada Rabu (16/11/2016).

Latihan difokuskan pada operasi pencarian dan kecepatan penanganan setelah informasi laka didapatkan.

Sedikitnya 30 personil ikut serta dalam latihan yang menyertakan sejumlah peralatan ini. Peralatan tersebut antara lain perahu karet dengan motor tempel dan 2 unit jetski. Kasubsi Operasi Basarnas Kantor SAR Jogja, Asbani mengatakan latihan diperlukan guna mengukur waktu penanganan dan meningkatkan kemampuan ketrampilan anggotanya.

“Fokusnya bagaimana personil bisa melewati kondisi alam dengan ilmu yang diterima,” jelasnya di sela-sela latihan.

Selain itu, dilakukan pula latihan posko baik posko induk maupun posko lapangan. Asbani menjelaskan bahwa posko ini bertugas menampung bantuan SAR yang diterima ketika melaksanakan tugas.

Menurutnya, pelatihan ini dilakukan secara berkala setiap sebulan sekali di lokasi yang berbeda seperti pantai, muara atau waduk. Lokasi muara di Pantai Congot sendiri dipilih karena dianggap memungkinkan meski mengalami pendangkalan di waktu-waktu tertentu. Selain itu, tersedia pula dua unit Rigid Inflatable Boat (RIB) yang siaga di lokasi tersebut.