Advertisement

LONGSOR KULONPROGO : Terjadi di Tiga Titik, 3 Keluarga Mengungsi

Rima Sekarani
Kamis, 24 November 2016 - 16:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
LONGSOR KULONPROGO : Terjadi di Tiga Titik, 3 Keluarga Mengungsi Sejumlah warga bersiap memindahkan kandang milik Wakidi, warga Dusun Kutogiri, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Kamis (24/11/2016). Wakidi mengaku khawatir bangunan tersebut bakal ambruk jika terjadi longsor susulan di rumahnya.(Rima Sekarani I.N./JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Longsor Kulonprogo terjadi di Dusun Kutogiri.

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Bencana longsor terjadi di tiga titik berbeda di wilayah Dusun Kutogiri, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Rabu (23/11/2016) malam. Sebanyak tiga keluarga memilih untuk mengungsi karena khawatir dengan potensi longsor susulan.

Advertisement

Kepala Dusun Kutogiri, Sakino mengatakan hujan berintensitas tinggi mengguyur wilayahnya sejak Rabu sore hingga malam. Beberapa longsor kemudian dilaporkan terjadi di sejumlah titik. Lokasi pertama adalah tebing setinggi 15 meter dan lebar 10 meter di tepi jalan menuju Tanggulangin, Nanggulan. Air hujan diduga masuk melalui retakan-retakan kecil yang ada di badan jalan sehingga membuat kondisi tanah menjadi labil dan longsor.

Longsor lain terjadi di halaman rumah seorang warga bernama Wakidi. Meski belum terjadi kerusakan, bangunan rumah bagian dapur dan kandang milik warga bersangkutan sudah dalam kondisi agak miring dan terancam ikut longsor. Longsor juga mengenai bagian samping rumah warga lain bernama Mujilah. Tebing setinggi 15 meter longsor secara perlahan selama beberapa jam hingga membuat pemilik rumah dan tetangga terdekatnya merasa ketakutan.

“Ada tiga kepala keluarga yang tadi malam mengungsi di tempat saudara. Pagi ini warga lalu kerja bakti bersama relawan, TNI, dan Polri membersihkan material longsor,” kata Sakino, Kamis (24/11/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement