WISATA KULONPROGO : Sudut Waduk Sermo ini Keren untuk Selfie, Sudahkah Kamu Kesana?

Seorang warga berfoto di gardu pandang Taman Munggur, Dusun Klepu, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Senin (14/11/2016). (Rima Sekarani I.N./JIBI - Harian Jogja)
27 November 2016 04:20 WIB Rima Sekarani Kulonprogo Share :

Wisata Kulonprogo di Waduk Sermo menyajikan banyak spot keren untuk selfie

Harianjogja.com, KULONPROGO-Alternatif piknik di kawasan Waduk Sermo semakin beragam dengan munculnya obyek wisata baru. Masih mengeksplorasi potensi keindahan alam di sepanjang jalan lingkar waduk, warga sekitar menawarkan destinasi baru yang diberi nama Taman Munggur.

Ada banyak cara menikmati keindahan alam di sekitar Waduk Sermo. Para pengunjung bisa sekedar bersantai di bibir waduk sambil menghirup udara segar, makan, atau mengobrol.

Banyak pula orang yang menghabiskan waktu dengan memancing di sejumlah titik. Pengunjung juga dapat menjelajahi waduk dengan menaiki perahu wisata atau melewati jalan aspal di sekeliling waduk dengan kendaraan bermotor maupun sepeda.

Taman Munggur sendiri terletak di Dusun Klepu, Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo. Papan petunjuk menuju Taman Munggur bisa ditemukan di simpang empat sebelum pos Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Waduk Sermo.

Masyarakat bisa mengikuti petunjuk tersebut hingga sampai di Jalan Lingkar Barat Waduk Sermo kilometer satu. Jika tidak, cukup masuk ke kawasan Waduk Sermo dan menyusuri jalan lingkarnya. Ada beberapa obyek wisata yang juga bisa dicoba sebelum tiba di Taman Munggur, seperti Bukit Pethu dan Taman Bambu Air.

Taman Munggur dirintis Paguyuban Masyarakat Sadar Wisata Sermo Klepu sejak Agustus kemarin dan baru dibuka selama dua bulan. Obyek wisata itu menawarkan kesejukan alam di tepi waduk kebanggaan Kulonprogo.

Tempatnya relatif teduh karena masih banyak pohon yang dibiarkan tumbuh. “Di sini banyak pohon munggur. Jadi kami kasih nama Taman Munggur,” kata salah satu pengelola, Indra Setiawan, Senin (14/11/2016) pekan lalu.

Taman Munggur memiliki dua spot foto yang dibuat menyerupai wahana di Kalibiru. Mereka membuat gardu pandang dengan memanfaatkan pohon munggur. Hamparan air Waduk Sermo dan deretan perbukitan menoreh tetap menjadi latar belakang andalan foto. Pengunjung juga bisa menaiki perahu kayu atau sekedar duduk santai di bangku-bangku yang terbuat dari batang pohon.

Pengelola lainnya, Fajar Hisbullah mengatakan, Taman Munggur dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Saat ini, mereka masih berusaha melakukan promosi melalui media sosial. Mereka juga berupaya meningkatkan daya tarik Taman Munggu dengan membangun sebuah spot foto tambahan. “Pengunjungnya memang belum banyak tapi lumayan kalau Sabtu dan Minggu,” kata Fajar.