LONGSOR GUNUNGKIDUL : Lagi, 4 Titik Longsor dalam Semalam

Tanah longsor di Dusun Jelok RT 02 RW 03 Watugajah Gedangsari pada Rabu (9/11 - 2016) malam. (Foto istimewa Dokumen BPBD Gunungkidul)
28 November 2016 15:55 WIB Bhekti Suryani Gunungkidul Share :

Longsor Gunungkidul terjadi hingga empat titik dalam semalam

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Empat peristiwa longsor terjadi dalam waktu satu malam di Gunungkidul. Longsor terjadi hingga setiap hari.

Longsor yang menyebabkan keugian material terjadi pada Minggu (27/11/2016) malam dari pukul 20.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Saat itu, hujan deras mengguyur wilayah Gunungkidul.

Peristiwa longsor terjadi di tiga titik di Desa Kedungpoh, Nglipar dan satu titik di Desa Semin, Kecamatan Semin, Gunungkidul. Kepala Desa Kedungpoh, Nglipar Mugiharto mengatakan longsor di desanya terjadi di Dusun Kedungpoh Tengah, Dusun Kedungpolor dan Dusun Gentungan.

Kondisi paling parah terjadi di Dusun Kedungpoh Tengah. Di lokasi ini, talut pekarangan sepanjang 50 meter longsor menimpa sebuah kamar mandi hingga roboh. Bencana tersebut diperkirakan menimbulkan kerugian senilai Rp2 juta.

Untungnya kata dia, kamar mandi tersebut terpisah dari rumah induk, sehingga penghuni rumah selamat. “Kamar mandi itu milik warga bernama Kamso. Kalau talut yang longsor milik warga namanya Partorejo,” ungkap Mugiharto, Senin (28/11/2016).

Rumah Partorejo sendiri menurutnya selamat dari terjangan longsor. Sementara itu di Dusun Kedungpolor, tebing sungai longsor nyaris mengenai rumah warga bernama Sojo.

“Untungnya tanah longsor hanya sampai halaman rumah saja, belum sampai mengenai rumah,” ujar dia.

Terkahir di Dusun Gentungan, rumah warga bernama Dwi Ratno kini terancam tertimpa talut. Pasalnya kata dia, talut setinggi enam meter di dekat rumah tersebut kini retak akibat didera hujan deras.

Mugiharto mengatakan, tahun ini baru sekarang desanya didera bencana longsor. “Tahun ini baru kali ini terjadi biasanya tidak ada. Sekarang ini, sekali hujan banyak lokasi yang kena longsor,” paparnya lagi.