PDAM JOGJA : Suntikan Modal Rp73 Miliar untuk Pengembangan Jaringan Pipa

Ilustrasi air PDAM (JIBI/Solopos.com - Dok.)
30 November 2016 06:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

PDAM Jogja mengajukan penyertaan modal.

Harianjogja.com, JOGJA -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta mengajukan penyertaan modal pemerintah Kota Jogja sebesar Rp73 miliar untuk pengembangan jaringan pipa air.

Kepala Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan (DPDPK) Kota Jogja, Kadri Renggono mengatakan PDAM sebagai salah satu perusahaan daerah membutuhkan investasi untuk penggembangan jaringan pipa PDAM, bahkan beberapa pipa yang usianya sudah tua perlu diperbaharui.

Pengajuan penyertaan modal PDAM ini diakuinya sudah sejak dua tahun lalu. Pihaknya juga sudah mengirimkan draf rancangan peraturan daerah ke DPRD untuk penyertaan modal PDAM ini.

“Permintaannya Rp73 miliar, nanti tergantung dalam kesepakatan perdanya disetujui berapa tahun anggaran [untuk mencapai Rp73 miliar,” kata Kadri, saat dihubungi Selasa (29/11/2016).

Menurut Kadri sejauh ini PDAM selalu setor ke kas daerah, meski setorannya masih dibawah angka satu miliar. Ia berharap PDAM terus berupaya menggenjot pendapatan dan mengefisiensikan biaya operasional. Rencananya tahun depan, PDAM bisa menargetkan setor PAD sebesar Rp1,8 miliar.