ANGKUTAN RINGROAD : Tahap Sosialisasi, Jumlah Penumpang Masih Minim

Ilustrasi bus Damri (JIBI/Solopos - Dok.)
08 Desember 2016 12:20 WIB Sunartono Jogja Share :

Angkutan Ringroad belum memiliki halte portabel

Harianjogja.com, JOGJA -- Kepala Perum Damri Cabang DIY Sumali mengakui, masyarakat yang memanfaatkan Bus Ringroad memang belum banyak.

(Baca Juga :http://www.solopos.com/2016/11/22/angkutan-ringroad-5-armada-disiapkan-ini-perannya-770972"> ANGKUTAN RINGROAD : 5 Armada Disiapkan, Ini Perannya)

Menurut dia, hal itu masih wajar karena sampai saat ini masih dalam tahap sosialisasi. Dalam sehari, setiap bus hanya mengangkut sekitar lima penumpang. Ia menegaskan, dalam tahap sosialisasi ini respon masyarakat cenderung positif.

"Sejak beroperasi ini, setiap bus rata-rata perhari dapat satu, dua penumpang per putaran. Karena tahap sosialisasi," ungkapnya, Rabu (7/12/2016).

Sumali menegaskan tidak ada kendala yang signifikan terkait beroperasinya bus tersebut meski dengan ukuran besar. Rata-rata setiap sopir dapat menyesuaikan dengan baik saat berhenti untuk naik turun penumpang meski harus menepi ke jalur lambat.

"Untuk sementara lancar, kami akan evaluasi untuk perbaikan ke depan," imbuhnya.

Sumali menambahkan, pihaknya saat ini menunggu sarana prasarana seperti halte portabel dari Dinas Perhubungan DIY. Saat ini krunya masih dapat menyesuaikan meski halte belum semuanya terpasang, sementara di Ringroad hanya ada sekitar lima halte Trans Jogja.

"Kami sudah ajukan ke Dishub titik-titiknya [halte]. Kami akan menyesuaikan [fasilitas]apa yang ada saat ini sambil sosialisasi ke masyarakat. Semoga jalur interkoneksi ini bisa lebih baik ke depannya, karena ini jalur perintis," jelasnya.