Hafal Al Quran, Ratusan Siswa SDIT Lukman Al Hakim dapat Penghargaan

13 Desember 2016 11:08 WIB Jogja Share :

Hafal Al Quran menjadi prestasi yang mendaatkan penghargaan di SDIT Lukman Al Hakim

Harianjogja.com, SLEMAN- Ratusan siswa berbagai sekolah di bawah naungan Konsorsium Yayasan Mulia mendapat penghargaan. Mereka mampu menghafal Al Quran antara dua hingga empat juz.

Koordinator Tahfidz SDIT Lukman Al Hakim Sleman Adhi Fibrian mengatakan, penghargaan diberikan untuk memotivasi dan memberikan semangat bagi peserta didik dalam mengikuti program tahfidz (menghafal Alquran).

"Setiap tahun kegiatan ini kami gelar. Untuk SDIT Luqman Al Hakim total yang dilantik sebanyak 119 siswa, terdiri dari 50 siswi dan 69 siswa," katanya di sela-sela kegiatan Haflah Khatmil Quran di Mandalabakti Wanitatama, Senin (12/12/2016).

Dia menjelaskan, siswa-siswi tersebut dapat menghafal Al Quran dengan beragam kemampaun. Sebanyak 22 siswa bisa menghafal empat juz, satu siswa bisa menghafal tiga juz, dan 96 siswa dapat menghafal dua juz kitab suci tersebut. Menurut Adhi, siswa-siswi yang dilantik tersebut berasal dari kelas dua maupun kelas tiga SDIT Lukman Al Hakim.

"Siswi yang mendapat penghargaan khusus dari yayasan adalah Naura Syifa Almira, siswi kelas dua yang mampu menghafal melebihi target yang ditentukan," ujarnya.

Menurut Adhi, sejak masuk sekolah siswa sudah diajarkan untuk menghafal Al Quran. Tidak ada metode penghafalan secara khusus yang diterapkan. Hanya saja untuk membantu siswa mampu menghafal Al Quran, sekolah memberikan bimbingan dengan cara memutar video atau gerakan. "Gerakan visual diberikan sesuai dengan makna ayat-ayat yang dihafalkan," paparnya.

Dia mengatakan, setiap hari siswa juga diwajibkan mengikuti program menghafal Al Quran selama dua jam sejak Senin hingga Jumat. Sementara itu, untuk memantapkan hafalan, siswa mengikuti kegiatan mabit yang dilakukan sebulan sekali. "Satu tahun, ditargetkan siswa sudah bisa menghafal minimal satu jus. Misalnya siswa kelas dua, bisa menghafal dua juz dan seterusnya," kata Adhi.

Selain SDIT Lukman Al Hakim Sleman, siswa siswi yang dilantik dan mendapat penghargaan berasal dari TKIT Muadz Bin Jabal, SMPIT Abu Bakar dan SMAIT Abu Bakar di wilayah Jogja dan Sleman.