Advertisement

WISATA KULONPROGO : Long Weekend, Retribusi Wisata Dapat Rp75 Juta

Sekar Langit Nariswari
Kamis, 15 Desember 2016 - 18:32 WIB
Nina Atmasari
WISATA KULONPROGO : Long Weekend, Retribusi Wisata Dapat Rp75 Juta Sejumlah wisatawan menaiki perahu untuk menikmati keindahan alam di sekitar Laguna Pantai Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Sabtu (9/7/2016). (Rima Sekarani I.N/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Wisata Kulonprogo menghasilkan Rp75 juta pada libur long weekend lalu

Harianjogja.com, KULONPROGO-Liburan akhir pekan lalu memberikan pemasukan hampir Rp75 juta dari sejumlah objek wisata di bawah pengelolaan Pemkab Kulonprogo. Jumlah ini kembali normal sejak renovasi Jembatan Kalidengen selesai dilakukan awal bulan ini.

Advertisement

Bendahara Penerimaan Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kulonprogo, Ruri Atmini Retno mengatakan pemasukan paling banyak berasal dari objek wisata Pantai Glagah.

Selain itu, Pantai Congot dan Waduk Sermo juga menyumbangan pemasukan cukup signifikan. “Hasilnya selama 3 hari dapat Rp75 juta,” ujarnya pada Kamis (15/12/2016).

Menurutnya, Glagah memang menjadi daya topang utama untuk pemasukan dari retribusi wisata. Paling tidak, sekitar 3000 orang berkunjung ke pantai selatan Kulonprogo ini pada libur panjang lalu. Meski demikian, Ruri mengatakan jika pintu Glagah 3 sebenarnya cenderung kurang maksimal pada liburan lalu. Pasalnya, jalur tersebut terendam banjir sehingga berdampak pada kunjungan wisatawan.

Dengan pemasukan ini, Ruri menyatakan optimis jika tren pemasukan retribusi wisata kembali membaik. Hanya saja, libur tahun baru dan Natal yang jatuh pada akhir pekan menurutnya membuat kesempatan lonjakan pengunjung sedikit berkurang.

Ia menilai apabila libur akhir tahun tersebut berbeda dengan libur akhir pekan maka kemungkinan pengunjung yang datang akan jauh lebih banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement