BPJS KETENAGAKERJAAN : Sebanyak 137 Perusahaan Ikut RTW

Petugas BPJS melayani warga. (Rachman/JIBI - Bisnis)
16 Desember 2016 03:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

BPJS Ketenagakerjaan menerapkan program Return To Work

Harianjogja.com, JOGJA -- Upaya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Yogyakarta memberikan jaminan peningkatan kesejahteraan masyarakat pekerja khususnya di DIY, kembali dibuktikan dengan diterapkannya manfaat program Return To Work (RTW). Dalam Program ini BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan pendampingan kepada tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja yang dimungkinkan mengalami kecacatan fungsi maupun anatomis sampai optimal pengobatan dan rehabilitasi hingga yang bersangkutan kembali bekerja.

Manager Kasus Kecelakaan Kerja & Penyakit Akibat Kerja (KK/PAK) BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta, Christin Tantia mengatakan, sebanyak 137 Perusahaan se-DIY telah mengikuti program RTW, dan tiga perusahaan  di antaranya telah memakai program tersebut.

“Kita all out untuk meyakinkan dan memastikan manfaat program RTW, alhamdulilah, tenaga kerja di dua perusahaan yang ikut program ini sudah kembali bekerja ditempat yang sama, dan masih ada I tenaga kerja yang masih dalam proses pengobatan dan rehabilitasi, ungkap Ida dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (15/12/2016).

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta Moch. Triyono mengatakan bahwa pihaknya menargetkan semua perusahaan di DIY yang jumlahnya 5.841 terdaftar aktif mengikuti program RTW. Sesungguhnya, katanya, program ini memberikan manfaat bagi tenaga kerja dan tidak ada biaya yang timbul untuk mengikuti program ini. "Yang ada justru membantu meringankan perusahaan dan tenaga kerja ketika terjadi risiko sosial di tempat kerja," katanya.

Ditambahkan Tri, dalam penanganan kasus dilapangan, BPJS Ketenagakerjaan banyak dibantu perusahaan untuk kemudahan kelengkapan dokumennya. "Apresiasi kami sampaikan kepada perusahaan yang peduli terhadap peningkatan kesejahteraan pekerjanya," pungkasnya.