CUACA EKSTREM : Angin Kencang Terjadi Lagi, Waspadai Baliho!

20 Desember 2016 21:20 WIB Sunartono Jogja Share :

Cuaca ekstrem berupa angin kencang dapat menimbulkan bencana

Harianjogja.com, JOGJA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyatakan keberadaan baliho di pinggir jalan masih menjadi ancaman. Angin kencang yang terjadi di wilayah DIY diprediksi akan berlangsung hingga tiga hari ke depan dengan kecepatan mencapai 46 kilometer per jam.

(Baca Juga : http://www.solopos.com/2016/12/19/kecelakaan-jogja-pengendara-motor-tewas-tertimpa-baliho-kampanye-777758">KECELAKAAN JOGJA : Pengendara Motor Tewas Tertimpa Baliho Kampanye)

Kepala Pelaksana Tugas (Plt) BPBD DIY Krido Suprayitno menegaskan, keberadaan baliho di pinggir jalan kini menjadi ancaman baru selain pohon seiring dengan angin kencang terjadi dua hari terakhir. Oleh karena itu ia meminta kepada pihak pengelola sejumlah baliho agar melakukan pengecekan.

Jika ditemukan kontruksi yang rapuh atau keropos harus segera diperbaiki. Karena pemerintah memiliki keterbatasan untuk melakukan pengecekan secara langsung. Berdasarkan pantauan BPBD DIY, wilayah yang paling banyak baliho tinggi yang membahayakan jika terjadi angin kencang yaitu Kota Jogja dan Sleman.

"Karena kalau semua ditumpu pada pemerintah, padahal baliho itu melekat pada pribadi [pemilik lokasi dan pemilik tempat] meski berkaitan dengan izin. Tetapi pemeliharaan secara mandiri itu perlu sehingga kalau keropos segera diperbaiki tidak perlu menunggu angin kencang," ungkapnya di Komplek Kepatihan, Selasa (20/12/2016).