Wisatawan ke Jogja Kaget, Cari Hotel Penuh Semua

Suasana kemacetan di sepanjang Jalan Malioboro, Minggu (11/12/2016) malam. (Sunartono/JIBI - Harian Jogja)
29 Desember 2016 15:20 WIB Jogja Share :

Wisatawan ke Jogja kesulitan mendapatkan hotel

Harianjogja.com, JOGJA—Muhammad Nur Said , 20, pria asal Malang mengunjungi Jogja bersama kawannya untuk berwisata sejak Senin (26/12/2016) lalu. Kesempatan libur cuti dari perusahaan tempat ia bekerja di Malang ia manfaatkan untuk melancong ke Jogja mengunjungi sejumlah lokasi wisata.

Said mengungkapkan bahwa rencana kunjungannya tersebut tanpa melalui perencanaan sebelumnya. Sehingga ia memutuskan untuk mencari penginapan sesampainya di Jogja saja.

Said mengaku cukup terkejut saat tiba di Kota Jogja. Pasalnya, sejumlah hotel dan penginapan yang ia datangi untuk tujuan menyewa kamar mengatakan tidak dapat menerima tamu lagi kala itu.

“Sempat putar-putar hotel dan penginapan sih kemarin, tapi semua bilang penuh,” kata dia, Rabu (28/12/2016).

Said mengaku sedikit kesulitan mencari penginapan dan hotel yang sesuai dengan budget kantongnya. Ia tak memungkiri bahwa ia pun memasang target yang murah namun dekat dengan lokasi wisata di pusat kota Jogja, Malioboro misalnya. Akhirnya, dengan bantuan internet melalui GPS dan salah satu aplikasi android, ia akhirnya menemukan penginapan yang cocok dengan keinginannya.

“Akhirnya dapat di seputaran wilayah Sosrowijayan, hanya tinggal beberapa kamar saja,” kata dia.

Sementara itu, pelancong lainnya asal Mojokerto, Jawa Timur, Bambang Utoyo mengatakan dirinya memang telah berpikir dan berencana jauh hari untuk berkunjung ke Jogja.

Ia telah menduga sebelumnya bahwa Jogja akan menjadi tujuan wisata pelancong lainnya dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri saat musim libur akhir tahun ini. Namun, demi mengunjungi sanak saudaranya di Jogja, ia merelakan diri untuk bersaing dengan wisatawan lain mendapatkan hotel di Jogja.

“Sudah niat ingin pergi ke Jogja, walau sudah yakin bakal macet dan hotel penuh,” kata dia.

Meski begitu, Bambang tetap optimis untuk dapat memperoleh hotel di Jogja. Meski tak begitu dekat dengan tempat wisata, yakni di salah satu hotel di Jl. Jogja-Solo ia bersyukur masih mendapat bagian kamar hotel di tengah kunjungan wisatawan yang membludak saat liburan kali ini. Untuk selanjutnya, dengan kondisi Jogja yang penuh saat liburan tiba, ia mengatakan tak merasa kapok untuk datang ke Jogja kembali.