Advertisement

LIBUR AKHIR TAHUN : Mengisi Liburan dengan Membuat Kerajinan Tangan

Kusnul Isti Qomah
Kamis, 29 Desember 2016 - 19:20 WIB
Nina Atmasari
LIBUR AKHIR TAHUN : Mengisi Liburan dengan Membuat Kerajinan Tangan Siswa kelas 5 Olifant School menjual berbagai macam makanan dan produk dalam kegiatan Kidpreneur Bazaar Olifant, Rabu (23/3/2016) (JIBI/Harian Jogja - dok. Olifant)

Advertisement

Libur akhir tahun bisa diisi dengan membuat kerajinan tangan

Harianjogja.com, SLEMAN--Sembari menyambut tahun baru, tak ada salahnya orangtua mengagendakan kegiatan liburan yang juga bersamaan dengan masa libur anak sekolah.

Advertisement

Banyak hal positif yang bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah. Salah satunya adalah dengan membuat kerajinan tangan bersama anak.

Anis Rahmawati dari Olifant mengatakan, dengan membuat kerajinan tangan bersama, ada hal positif yang didaparkan yakni mengasah kreativitas. Membuat kerajinan tangan akan membantu anak-anak mengoptimalkan daya imajinasi. Imajinasi yang terus diasah akan menumbuhkan kreativitas yang bermanfaat nantinya.

"Misalnya, mengajak anak membuat hiasan dinding kamar. Berikan kesempatan untuk anak membuat design sesuai imajinasi mereka," ungkap dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (28/12/2016).

Selain itu, anak belajar mengikuti instruksi. Tidak hanya melatih kreativitas, mengajak anak membuat kerajinan bersama juga memberikan kesempatan bagi anak untuk memahami pentingnya mengikuti instruksi. Jika anak melakukan sesuatu yang tidak sesuai instruksi, maka hasil yang didapatkan mungkin tidak akan optimal.

Beberapa orangtua merasa kesulitan untuk berbagi cerita bersama anak. Dengan membuat kerajinan tangan bersama, orangtua bisa memanfaatkan kebersamaan dengan berdiskusi. Misalnya, cerita tentang teman-teman di sekolah atau sekedar membicarakan hobi dan kesukaan.

Sesuatu yang bisa dibuat dengan jerih payah anak sendiri akan membuat anak percaya akan kemampuan yang dimiliki. "Selain memberikan apresiasi, orangtua juga dapat membantu anak memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki anak sehingga anak lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu," papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement