UJIAN NASIONAL 2017 : Siswa Berkebutuhan Khusus Dibantu Mengarahkan Kursor

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji saat memantau permasalahan UNBK tingkat SMK lewat monitor di ruang kerja tim Help Desk, Senin (10/4/2017). (Arif Wahyudi/JIBI - Harian Jogja)
11 April 2017 19:20 WIB Sekar Langit Nariswari Sleman Share :

Ujian Nasional 2017 di Sleman berjalan lancar

 

Harianjogja.com, SLEMAN-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Budi Mulia Dua diklaim berjalan dengan lancar. Siswa berkebutuhan khusus di sekolah ini hanya didampingi dalam mengarahkan kursor saat masuk dalam sistem saja.

Tien Tresnasih, Kepala SMA Budi Mulia Dua, mengatakan ada 1 siswa berkebutuhan khusus yang mengikuti ujian. “Ada 1 siswa low vision, tapi masih bisa mengerjakan UNBK dengan font huruf 20,” terangnya kepada Harianjogja.com.

Meski tetap disediakan guru pendamping, bantuan hanya diberikan saat mengarahkan kursor saat hendak masuk dan keluar dari sistem saja. Selebihnya, siswa mengerjakan ujiannya tanpa bantuan guru pendamping.

Dikatakan pula jika tidak ada gangguan teknis baik listrik maupun jaringan selama ujian hari kedua ini. Sekolah ini menyediakan 35 unit komputer dengan 1 cadangan. Total, ada 82 siswa yang mengikuti ujian dalam 3 sesi, masing-masing 27 siswa.

Mengantisipasi pemadaman listrik, sekolah ini menyediakan genset yang langsung diintalasi ke server sekolah. Tien menguraikan jika pihaknya tidak mengirim surat ke PLN setempat agar tidak melakukan pemadaman. Koordinasi tersebut telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Sleman dan dianggap cukup.