Sengketa Pilwalkot Jogja Diputuskan Pekan Depan

22 April 2017 12:21 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Pilwalkot Jogja, sidang MK akan digelar 26 April 2017

Harianjogja.com, JOGJA -- Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang putusan sengketa hasil rekapitulasi suara dalam pemilihan walikota dan wakil wali kota (Pilwalkot) Jogja pada Rabu (26/4/2017) mendatang. Berdasarkan informasi di laman MK sidang digelar sekitar pukul 10.00 WIB.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja, Wawan Budianto mengaku sudah mengetahui informasi tersebut. Pihaknya sudah merencanakan untuk menghadiri sidang putusan itu. "Apapun putusannya kami menghormati," kata Wawan, Jumat (21/4).

Ketua Tim Pemenangan Imam Priyono-Achamd Fadli, Danang Rudiatmoko belum tahu apakah putusan MK pekan depan itu putusan final atau putusan sela. Ia mengatakan, jika memutuskan putusan sela, maka akan ada pembuktian terkait dalil-dalil pemohon.

Dalil yang disodorkan tim paslon yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) iniĀ  adalah dugaan penghilangan suara pemilih dalam DPT yang jumlahnya mencapai sekitar 967 pemilih, kemudian pemilih tambahan yang tidak sesuai dengan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcpil) Kota Jogja. Tim ini pun memohon pada MK agar ada pemungutan suara ulang di sejumlah TPS.

Sementara itu anggota tim pemenangan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi, Nugroho Nurcahyo berharap MK membatalkan gugatan pemohon dan mengesahkan hasil putusan KPU Kota Jogja. "Permohonan untuk penghitungan suara ulang tidak berdasar," kata dia.