Kapolri ke Sleman, Hadiri Tabligh Akbar Bertajuk Kebhinekaan

25 April 2017 21:57 WIB Sekar Langit Nariswari Sleman Share :

Dia menekankan pentingnya menjaga kesatuan di tengah maraknya peneyebaran isu-isu sensitif terkait SARA

Harianjogja.com, SLEMAN—Kapolri Jendral Polisi, Tito Karnavian menghadiri peringatan Isra Mi'raj bertajuk kebhinekaan NKRI di Polda DIY, Selasa (25/4/2017) malam. Dia menekankan pentingnya menjaga kesatuan di tengah maraknya peneyebaran isu-isu sensitif terkait SARA.

Acara yang dipimpin oleh Habib Lutfi bin Ali bin Yahya ini dihadiri oleh sekitar 6.000 jemaat dari sejumlah pesantren di DIY. Peringatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Pancasila yang ditirukan oleh seluruh jemaat.

Jendral Tito menyampaikan jika tema yang diangkat sangatlah tepat dengan kondisi belakangan ini. Kondisi politik tanah air dikatakan memicu sejumlah hujatan di media sosila yang sangat mengganggu dalam skala besar. “Isu-isu masalah kesukuan, keagamaan, ras itu adalah hal yang sangat menggangu kebhinekaan,” paparnya, Selasa.

Tito mengingatkan jika kesatuan yang telah dirintis oleh bapak bangsa sejak 1928 silam jangan sampai terpecah di masa keterbukaan ini. Masyarakat diminta menyisihkan semua perbedaan dan memperkuat persatuan Indonesia. Terlebih lagi, era globalisasi sangat erat kaitannya dengan persaingan antar bangsa dan negara dalam skala luas.

Kepala Polda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri, menuturkan tema kebangsaan memang relevan terkait dengan fenomena belakangan ini. Begitu banyak orang yang saat ini menyebarkan kebencian melalui berita bohong. Karena itu, penting sekali umat muslim diingatkan akan nilai ukhuwah dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang beragam dan bersatu.