KELULUSAN SMA SMK : Besok Pengumuman, Nilai SMA Naik, SMK Melorot

JIBI/SOLOPOS/Agoes RudiantoUJIAN NASIONAL-Sejumlah pelajar mengikuti Ujian Nasional (UN) di SMA Pangudi Luhur Santo Yosef, Solo, Senin (16 - 4). Ujian Nasional merupakan penentu kelulusan sekaligus sarana evaluasi serta pemetaan kualitas pendidikan di sekolah di seluruh wilayah Indonesia.
01 Mei 2017 19:20 WIB Jogja Share :

Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan SMK diumumumkan secara bersamaan, Selasa (2/5/2017) siang

Harianjogja.com, JOGJA - Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan SMK diumumumkan secara bersamaan, Selasa (2/5/2017) siang. SMA dan SMK mengalami nasib berbeda dalam UNBK 2017 ini.

Nilai ujian para siswa SMA mengalami kenaikan cukup menggembirakan dibandingkan dengan ujian serupa tahun lalu. Sebaliknya tingkat SMK justru melorot nilainya.

Data dari Sekretariat UN DIY memperlihatkan, pada UN tahun ini rata-rata nilai ujian tingkat SMA mengalami kenaikan cukup signifikan. Semua peserta dari tiga jurusan di SMA, yakni IPA, IPS dan Bahasa nilai rata-ratanya mengalami kenaikan.

Pilihan program Bahasa mendapatkan rata-rata nilai paling tinggi tahun ini, yakni 413,58. Angka itu jauh di atas rata-rata tahun lalu, yakni 387,59.

Nilai rata-rata tertinggi kedua dicapai seluruh peserta ujian dari kelas IPA. Nilai rata-rata kelas IPA yakni 373,52. Angka itu juga lebih tinggi dari pencapaian pada UN 2016 lalu, yakni 346,05. Sementara kelas IPS ada di peringkat tiga dengan nilai rata-rata 372,49 atau lebih tinggi dari nilai tahun lalu sebesar 338,99.

Sebaliknya, di tingkat SMK terjadi penurunan nilai rata-rata meski angkanya tidak terlalu menurun tajam. Pada UNBK tahun lalu, nilai rata-rata tingkat SMK adalah 253,75. Di UN kali ini dari jumlah peserta 25.317 siswa hanya mampu meraih nilai rata-rata 245,60.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY belum mengetahui pasti penyebab adanya penurunan nilai di tingkat SMK ini.