Kanwil Kemenkumham Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Karyawan

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY bekerjasama dengan Harian Jogja menggelar pelatihan jurnalistik, Selasa (2/5/2017). (Foto istimewa - Harian Jogja)
02 Mei 2017 20:19 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY bekerjasama dengan Harian Jogja menggelar pelatihan jurnalistik

Harianjogja.com, BANTUL--Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY bekerjasama dengan http://m.harianjogja.com">Harian Jogja menggelar pelatihan jurnalistik, Selasa (2/5/2017).

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan humas dan karyawan Kanwil Kemenkumham dalam menyampaikan informasi terkait program kerja serta capaiannya kepada masyarakat dan media.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Dewa Putu Gede, dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan peraturan Menteri Hukum dan Ham nomor 28 tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata kerja, Kanwil Kemenkumham berkewajiban melaksanakan beberapa tugas seperti pemberian pelayanan administrasi hukum umum, pemberian informasi hukum, pengembangan budaya hukum, pemberian bantuan hukum, dan penguatan pelayanan hak asasi manusia.

“Melihat tugas dan fungsi tersebut, terkait regulasi kebijakan, update informasi, capaian kerja dalam pelaksanaan program, sangat penting disebarluaskan kepada publik baik melalui opini, berita dan ulasan,” kata Dewa di Kanwil Kemenkumham DIY.

Dewa menambahkan, penyebaran informasi tersebut tentunya harus didukung oleh kemampuan jurnalistik yang mumpuni. Ia mengatakan, kemampuan jurnalistik bukan hanya monopoli para wartawan. Menurutnya, humas instansi pemerintahan dan birokrat non humas juga penting memiliki kemampuan jurnalistik yang memadai.

“Dengan kemampuan jurnalistik yang baik humas dapat mengemas kebijakan instansi menjadi isu-isu publik yang informatif dan menarik bagi media massa. Melalui kegiatan ini, saya berharap pemahaman jurnalistik menjadi lebih berkembang. Saya yakin ini penting bagi kita semua,” ungkap Dewa.

Pelatihan jurnalistik yang bertema How To Handle The Press ini diikuti kurang lebih 20 karyawan Kanwil Kemenkumham DIY. Pelatihan yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB, dibagi menjadi tiga sesi yang terdiri dari materi menulis kreatif untuk media massa dan website, menulis artikel di media massa, serta strategi jitu menundukkan media.

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton W Prihartono yang menjadi pemateri menulis kreatif untuk media massa dan website, mengatakan pelatihan ini penting dilakukan agar humas Kanwil Kemenkumham DIY bisa menulis berita yang menarik media dan masyarakat sehingga apapun yang ada di dalam Kanwil bisa tersampaikan dengan baik.