Tahun Depan, Ujian Sekolah di DIY Berbasis Komputer

Teknisi komputer SMAN 1 Sleman, Ardian Purwonugroho, mengecek komputer yang akan digunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2015-2016 ini, Senin (2/11/2015). (Harian Jogja - Bernadheta Dian Saraswati)
09 Mei 2017 11:55 WIB Jogja Share :

Ujian sekolah di DIY untuk tahun ajaran 2017-2018 menggunakan komputer

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pendidika Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY merencanakan pemberlakuan sistem computer based test (CBT) untuk pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tahun akademik 2017/2018 mendatang.

Langkah itu diambil karena sistem CBT dinilai lebih efektif dan praktis ketimbang ujian dengan soal naskah atau paper based test (PBT). Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji memandang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di semua SMP hingga SMA/SMK sukses dilakukan. Dengan pertimbangan itulah opsi USBN sekaligus dengan model CBT berani dilakukan.

"Di seluruh Indonesia yang sudah UNBK kan DIY ini. Saya kira cukup sukses terlaksana meski masih ada gangguan-gangguan kecil saya nilai itu wajar. Tapi sekolah juga sudah bisa mengatasinya secara mandiri sehingga USBN tahun depan kita rencanakan juga dengan sistem komputer," ujar Baskara Aji, Senin (8/5/2017).

Sebelumnya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dilakukan sepekan sebelum Ujian Nasional memang masih menggunakan ujian kertas dan pensil atau PBT. Untuk tahun ini memang belum sekaligus dilakukan. Pemantapan opsi memakai sistem komputer dilakukan setelah melihat pelaksanaan UNBK yang merata di semua sekolah dalam ujian tahun ini. Ternyata hasilnya, menurut Baskara Aji, cukup menggembirakan sehingga ke depan bisa direalisasikan dalam USBN.