Ada Seleksi Perangkat Desa, PAN Sleman-BPA Panji Buka Tryout Ujian Tulis

Suasana pelantikan Pengurus DPD PAN Sleman Periode 2015-2020 di Agro Wisata Salak Pondoh, Gandung, Bangunkerto, Turi, Minggu (28/8/2016) malam. (Abdul Hamid Razak/JIBI - Harian Jogja)
10 Mei 2017 16:21 WIB Sleman Share :

DPD PAN Sleman bekerjasama dengan BPA Panji akan mengadakan tryout ujian tertulis bagi para calon perangkat desa

 

Harianjogja.com, SLEMAN- Pelaksanaan ujian tes tertulis bagi http://m.harianjogja.com/?p=810481">calon perangkat desa dan dukuh sebentar lagi akan digelar. Untuk mengetahui kisi-kisi ujian tulis yang akan dilakukan, DPD PAN Sleman bekerjasama dengan BPA Panji akan mengadakan tryout ujian tertulis bagi para calon.

Ketua DPD PAN Sleman Sadar Narimo mengatakan, tryout tersebut digelar untuk memberikan support bagi kebijakan Pemkab yang merekrut calon perangkat desa. Tryout tes tertulis bagi calon dilakukan agar rekrutment yang dilaksanakan benar-benar dapat menjaring perangkat desa yang berkualitas.

"Kami ingin ujian tertulis calon perangkat desa dilakukan secara fair agar menjaring calon yang kompeten untuk setiap jabatan perangkat desa," katanya kepada wartawan, Sabtu (6/5/2017).

Sadar mengatakan, selain rekrutment perangkat desa secara massal baru pertama kali digelar tahun ini, banyak peserta yang belum mengetahui materi apa saja yang akan diujikan dalam tes tertulis nanti.

Tryout tersebut, katanya, digelar oleh tim asistensi partai. Meski begitu, pelaksanaan tryout terbuka untuk umum. "Siapa saja [calon perangkat desa] bisa mendaftar, jadi tidak hanya sebatas kader," tambahnya.

Ketua Tim Asistensi PAN Sleman Sekarmaji menambahkan, pelaksanaan tryout diharapkan memberikan pemahaman kepada para calon perangkat desa. Sebab, calon perangkat desa yang memenuhi syarat harus mengikuti ujian tertulis dan praktik komputer. Ujian tertulis terdiri dari Pengetahuan Umum 70%, pengetahuan khusus (lokal 20%) dan prakek komputer (10%). "Saat ini sudah 150 calon perangkat desa yang mendaftar, kami targetkan 300 peserta," katanya.

Adapun, perwakilan dari Balai Penjaringan Aspirasi (BPA) Panji Sleman Dodik Ariyanto mengatakan, selama tryout peserta akan diberi pengetahuan mengenai kisi-kisi soal ujian tulis yang akan diikuti. Menurutnya, lembaga tersebut sudah 15 tahun berkiprah dalam melatih dan memandu calon-calon perangkat menghadapi ujian tertulis.