Advertisement

Pegadaian Permudah Tunaikan Rukun Islam Ke-5 dengan ARRUM Haji

Rheisnayu Cyntara
Minggu, 14 Mei 2017 - 16:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pegadaian Permudah Tunaikan Rukun Islam Ke-5 dengan ARRUM Haji

Advertisement

Pegadaian memiliki program khusus untuk naik haji

Harianjogja.com, BANTUL -- Menunaikan rukun Islam yang kelima yakni ibadah haji menjadi impian mayoritas umat Islam. Namun antrian kuota ibadah haji di Kabupaten Bantul yang mencapai 20 tahun dan besarnya uang pendaftaran yang harus dibayarkan menjadi salah satu kendala.

Advertisement

Kini, PT. Pegadaian mempunyai program ARRUM Haji yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendaftar dan mendapatkan nomor antrian kuota haji. Menurut Kepala Cabang PT. Pegadaian Syariah Cabang Kusumanegara, Sun Lutfiyah dengan mendaftar program ini, masyarakat dapat mendapatkan kuota haji sekarang juga. Pendaftar hanya perlu menggadaikan emas senilai Rp7 juta untuk mendapatkan pinjaman Rp25 juta dalam bentuk tabungan haji yang dapat digunakan untuk mendaftar haji ke Kementerian Agama di daerah masing-masing.

"Emas yang digadaikan tidak harus berupa emas batangan, tapi bisa berupa perhiasan," ujar dia dalam acara "Seminar Haji, Jalan Emas Menuju Baitullah" di Pendopo Parasamya, Jumat (12/5/2017).

Tabungan haji tersebut dapat dibuka di Bank BNI Syariah, Panin Syariah, dan Mega Syariah. Menurutnya, kemudahan lain yang diberikan oleh Pegadaian yaitu pendaftar dapat memilih jangka waktu angsuran sesuai kemampuannya. Pilihan angsuran bisa diambil dalam jangka 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan, 48 bulan, dan 60 bulan. Sedangkan bagi yang telah memiliki Tabungan Haji juga dapat mendaftar program ini. Caranya dengan mengambil tabungan sebesar Rp7 juta untuk membeli emas dan mendaftar ARRUM Haji.

"Sekarang pendaftaran program ini bisa dilakukan di seluruh outlet Pegadaian," ucapnya.

Deputi Bisnis PT. Pegadaian Cabang Yogyakarta, Edi Purwanto meyakinkan program ARRUM Haji ini berbeda dengan program Dana Talangan Haji yang sempat heboh beberapa tahun lalu karena malah makin memperpanjang antrian kuota haji. Dalam program Dana Talangan Haji, pendaftar tidak memberikan jaminan apapun untuk mendapatkan pinjaman sehingga banyak yang tidak mampu membayar dan mengalami kredit macet. Sedangkan program ARRUM Haji memiliki jaminan yakni setoran emas di awal pendaftaran.

"Penggadaian bertransformasi sesuai perkembangan jaman. Dulu kami hanya melayani gadai barang saja, sekarang kami mengembangkan program-program syariah seperti ARRUM Haji ini, tujuannya ya untuk memudahkan masyarakat," ucap dia.

Sedangkan Ketua MUI Bantul, KH Abdul Choliq Syifak mendorong masyarakat untuk bersegera mendaftar kuota haji karena berdasarkan hadist Rasulullan SAW, ibadah haji dapat menghapus dosa-dosa yang lampau. Selain itu, doa orang yang sedang berhaji pasti akan dijawab oleh Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement