WISATA GUNUNGKIDUL : Pantai Timang Tak Lagi Gelap Saat Malam

Panel Surya terpasang di salah satu bangunan yang ada di Pantai Timang, Desa Purwodadi, Tepus. (David Kurniawan/JIBI - Harian Jogja)
26 Mei 2017 12:55 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Pengunjung atau pelaku usaha di Pantai Timang, Desa Purwodadi, Tepus sekarang tidak perlu lagi khawatir saat malam hari

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pengunjung atau pelaku usaha di Pantai Timang, Desa Purwodadi, Tepus sekarang tidak perlu lagi khawatir saat malam hari. Pasalnya keberadaan instalasi listrik tenaga surya di kawasan tersebut membuat warga dapat beraktivitas di malam hari.

Setidaknya di kawasan tersebut terdapat 15 instalasi listrik tenaga matahari. Panel-panel surya itu terpasang di gubuk atau rumah-rumah yang digunakan untuk berjualan masyarakat.

Kepala Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Tepus Iwan Alamsyah mengatakan, pemasangan instalasi listrik tenaga surya dilakukan di akhir tahun lalu. Untuk saat ini, instalasi itu sudah berfungsi dan hasilnya sangat membantu warga masyarakat.

“Sebelum terpasang, Pantai Timang gelap saat malam, tapi sekarang sudah bisa terang dengan bantuan listrik tenaga surya,” kata Iwan kepada Harianjogja.com, Kamis (25/5/2017).

Selain membantu penerangan, diharapkan dengan adanya listrik ini dapat memajukan wisata di daerah Timang. Pasalnya keberadaan listrik sudah dapat dirasakan oleh warga.

“Harapannya ada listrik dari PLN, namun untuk sementara dengan listrik tenaga surya sudah dapat membantu. Mudah-mudahan dengan peneragan ini, wisata yang dimiliki dapat lebih maju,” katanya.