Advertisement

RAMADAN 2017 : Ratusan Orang Antusias Pantau Rukyatul Hilal

Rheisnayu Cyntara
Sabtu, 27 Mei 2017 - 06:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
RAMADAN 2017 : Ratusan Orang Antusias Pantau Rukyatul Hilal JIBI/Harian Jogja/Desi SuryantoPerukyat melakukan pengamatan hilal dengan menggunakan teleskop saat dilaksanakan Rukyat Hilal Awal Ramadan 1433 H di Pos Observasi Bulan (POB) Syekh Bela-Belu Parangkusumo, Kretek, Bantul, Kamis (19 - 7). Dalam pengamatan ini hilal tidak bisa terlihat akibat tebalnya awan di langit sebelah barat saat matahari mulai tenggelam.

Advertisement

Ramadan 2017, hilal belum terlihat di POB Bantul.

Harianjogja.com, BANTUL — Hingga waktu pantauan hilal habis pada pukul 18.06 WIB, lagi-lagi hilal tak dapat terlihat di Pos Obervasi Bulan (POB) Syeh Bela-Belu yang terletak di Kretek, Bantul pada Jumat (26/5/2017). Padahal ada delapan teropong yang digunakan untuk memantau hilal, namun tidak ada satu teleskop pun yang menunjukkan tanda-tanda hilal terlihat.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, ratusan orang antusias untuk ikut serta menyaksikan jalannya "rukyatul hilal" di bukit Syeh Bela-Belu. Mereka mulai memadati POS sejak sore hari hingga sekitar pukul 19.00 WIB. Pemantauan hilal ini merupakan ageda yang diadakan Kemenag dan didukung beberapa instansi yaitu BMKG, Lapan, Taman Pintar, UAD, UII, SMA Abu Bakar.

Baca Juga :http://m.harianjogja.com/2017/05/26/ramadan-2017-mendung-hilal-tak-terlihat-di-bela-belu-820021"> RAMADAN 2017 : Mendung, Hilal Tak Terlihat di Bela-Belu

Salah satu pendamping mahasiswa UII, Sariyati mengatakan kegiatan mengikuti rukyatul hilal ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen Jurusan Ilmu Agama Islam UII dari program studi Hukum Islam. Kali ini sekitar 60 mahasiswa semester IV dan 10 dosen mengikuti acara ini. Pihak UII menyiapkan dua bus dan kendaraan pribadi untuk membawa mereka kemari.

"Ini dalam rangka pembelajaran mata kuliah Ilmu Falak," katanya.

Selain itu, pihak UII juga membawa satu teleskop milik kampus yang digunakan untuk memantau hilal. Menurutnya agenda rukyatul hilal ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh UII sebagai salah satu bentuk pembelajaran di luar kampus yang bertujuan untuk mempraktekkan teori yang telah didapatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement