SELEKSI PERANGKAT DESA : Jabatan Sekdes Paling Diminati

SEMARANG, 1/7 - UJIAN SNMPTN. Seorang peserta ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kelompok IPA mengerjakan soal, di Kampus Universitas Diponegoro, di Semarang, Jateng, Rabu (1/7). Ujian tertulis SNMPTN diselenggarakan pada 1-2 Juli, sementara ujian keterampilan untuk program studi kelompok kesenian dan olahraga akan dilaksanakan pada 3-4 Juli mendatang. FOTO ANTARA/R. Rekotomo/ss/hp - 09
31 Mei 2017 19:20 WIB Sleman Share :

Posisi jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) paling diminati para calon pendaftar

Harianjogja.com, SLEMAN- Posisi jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) paling diminati para calon pendaftar. Kondisi berbeda justru untuk jabatan dukuh.

Kepala Bidang Pengembangan dan Peningkatan Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sleman Lasiman mengatakan, pihaknya baru merekap sementara data calon yang mengikuti seleksi perangkat desa pada tahap pertama ini.

"Total ada 2.102 pelamar yang mengikuti seleksi perangkat untuk 203 lowongan jabatan yang tersedia," ujarnya kepada Harianjogja.com, Selasa (30/5/2017).

Dari jumlah tersebut, katanya, jabatan untuk calon sekdes lebih banyak diminati. Jumlahnya mencapai 691 pendaftar dari 53 Pemdes yang membuka lowongan Sekdes. Berbeda dengan itu, pendaftar calon dukuh jumlahnya paling sedikit dibandingkan jabatan perangkat desa lainnya.

"Dari 35 lowongan dukuh, yang mendaftar hanya 86 orang. Ini belum data termasuk kecamatan Kalasan dan Moyudan," jelasnya.

Total calon perangkat deaa yang lolos Musyawarah Desa (Musdes) dan akan mengikuti ujian keterampilan komputer dan tes tulis sebanyak 590 orang dari 81 desa yang membuka lowongan. Mereka akan mengikuti tes komputer pada 5 Juni dan ujian tulis pada 7 Juni mendatang.