Advertisement

Entaskan Kemiskinan, Pemkab Sleman Minta Masyarakat Jujur

Sekar Langit Nariswari
Selasa, 24 Oktober 2017 - 15:20 WIB
Kusnul Isti Qomah
Entaskan Kemiskinan, Pemkab Sleman Minta Masyarakat Jujur Ilustrasi warga miskin (JIBI/Solopos - Dok.)

Advertisement

Jika warga bersikap kooperatif dan sesuai kondisi, bantuan yang sudah tidak dibutuhkan bisa dialihkan pada masyarakat lain

Harianjogja.com, SLEMAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menyusun berbagai program untuk mengentaskan kemisikan. Namun, upaya itu tidak bisa lepas dari dukungan masyarakat.

Advertisement

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sleman Sri Murni Rahayu mengatakan, meski tren taraf hidup masyarkat Sleman cukup baik, ia meminta masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan. Salah satu hal yang bisa dilakukan masyarakat yakni dengan bersikap jujur.

"Artinya, warga diminta memberikan keterangan yang faktual khususnya saat verifikasi lapangan yang dilakukan untuk melihat kondisi warga," ungkap dia, Senin (23/10/2017).

http://m.harianjogja.com/?p=862714">Baca juga : Taraf Hidup Masyarakat Sleman Diindikasikan Meningkat

Dalam beberapa kasus, ada warga yang tidak jujur akan kondisi ekonominya dengan tujuan untuk terus menerima bantuan meski sebenarnya dianggap sudah mampu. Hal ini yang kerap kali menjadi halangan dalam pengentasan kemiskinan di lapangan.

Jika warga bersikap kooperatif dan sesuai kondisi, bantuan yang sudah tidak dibutuhkan bisa dialihkan pada masyarakat lain. “Ada yang jujur dan tidak mau menerima bantuan lagi, ada juga sebaliknya,” jelas dia.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan, Sleman menjadi salah satu daerah dengan angka harapan hidup tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, peningkatan ekonomi dan pengetasan kemiskinan sangat dibutuhkan dan harus dilakukan terus menerus. Berbagai program digenjot agar warga bisa mandiri secara ekonomi bahkan hingga usia tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mahfud: Saya Termasuk yang Mengusulkan Revisi UU KPK Dibatalkan

News
| Minggu, 10 Desember 2023, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Cari Tempat Seru untuk Berkemah? Ini Rekomendasi Spot Camping di Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 06 Desember 2023, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement