Advertisement

Tidak Mudah Mengubah Budaya Nelayan DIY

I Ketut Sawitra Mustika
Selasa, 16 Januari 2018 - 12:55 WIB
Kusnul Isti Qomah
Tidak Mudah Mengubah Budaya Nelayan DIY

Advertisement

Mengubah budaya agraris ke budaya maritim sungguh sukar

Harianjogja.com, JOGJA-Agar para nelayan di DIY menjadi nelayan profesional, perlu ada perubahan budaya nelayan DIY. Hal ini dinilai sebagai hal yang sulit dilakukan.

Advertisement

Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Suwarman Partosuwiryo mengungkapkan, mengubah budaya agraris ke budaya maritim sungguh sukar. Ia menyebut selama ini sudah dilakukan berbagai usaha, seperti bimbingan teknis, sosialisasi, dan festival.

"Namun, tetap saja tidak mudah mengubah kebiasaan masyarakat. Warman mengatakan, butuh waktu sekitar satu generasi untuk mewujudkan pelaut tangguh," papar dia ketika ditemui di kantornya, Senin (15/1/2018).

Warman mengungkapkan, kinerja perikanan tangkap yang belum sesuai harapan disebabkan karena Pemda DIY terlalu jumawa dalam menetapkan target. Ketika itu Pemda DIY meyakini Pelabuhan Tanjung Adikarto sudah bisa beroperasi. Namun, hingga awal 2018 pelabuhan tersebut tak kunjung selesai. Jika sudah selesai, Warman percaya target 8.400 ton akan mudah tercapai. "Ya, masalah utamanya belum selesai itu karena anggaran," ucapnya.

http://m.harianjogja.com/?p=885378">Baca juga : Produksi Perikanan Tangkap DIY Belum Memuaskan

Sekretaris Komisi B DPRD DIY Suparja mengatakan, DIY masih perlu belajar banyak dalam budaya bahari. Salah satu contoh lemahnya Bumi Mataram untuk sektor ini adalah sertifikasi. "Sertifikasi nelayan aja masih minta di Pekalongan dan Tegal. Padahal seharusnya kebalik, karena laut di sana tenang, sementara di sini ombaknya lebih besar. Memang perlu belajar banyak. Harapannya nelayan bisa disertifikasi DIY lah," ucapnya.

Ia menambahkan, nelayan di DIY sebenarnya sudah memiliki mental pelaut yang tangguh, hanya saja peralatan dan kapal yang dimiliki belum memadai untuk mengarungi samudra. "Ada beberapa kapal 30 GT, tapi belum bisa mengoperasikan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement