Fasilitas Terus Ditambah, Penumpang Kereta Api Semakin Nyaman

24 Januari 2018 20:20 WIB Holy Kartika Nurwigati Jogja Share :

Harian Jogja dan Solopos berkunjung ke Kantor PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Jogja

Harianjogja.com, JOGJA-Menjalin silahturahmi dan kerjasama yang baik, Harian Jogja dan Solopos berkunjung ke Kantor PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Jogja, Rabu (24/1/2018).

PT KAI menekankan pentingnya keselamatan kereta api dan upaya sosialisasi berbagai kebijakan tentang angkutan umum ini.

"Media juga menjadi perantara kami untuk menyosialisasikan kebijakan dan program tentang transportasi ini," ujar Deputy Executive Vice President PT KAI Daop 6 Jogja, Ida Hidayati.

Dalam audiensi bersama Pimpinan Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono beserta manajemen Harian Jogja dan Solopos, Ida mengungkapkan moda transportasi kereta api terus mengalami perubahan dan perkembangan, baik fasilitas, stasiun maupun pelayanan. Perkembangan pelayanan ini dihadirkan supaya lebih memberikan kenyamanan bagi para pengguna transportasi ini.

"Dalam beberapa waktu ini, kami terus mengalami pengembangan dan peningkatan pelayanan. Beberapa yang bisa dirasakan seperti fasilitas toilet yang kini bisa dinikmati gratis, penyediaan loker hingga fasilitas pengisian daya baterai, yang tidak hanya tersedia di stasiun tetapi juga di seluruh bangku penumpang di semua rangkaian kereta," jelas Ida.

Bahkan, fasilitas tambahan berupa asuransi kecelakaan yang juga dapat diakses penumpang yang mengalami kecelakaan di stasiun maupun selama perjalanan kereta. Upaya PT KAI melakukan peningkatan fasilitas juga turut dibarengi dengan peningkatan standar keamanan perjalanan kereta.

"Beberapa aturan tegas juga kami tegakkan. Salah satunya tentang larangan merokok di dalam gerbong kereta. Masih ada penumpang yang tidak mengindahkan peraturan yang selalu disampaikan operator di setiap perjalanan kereta. Kalau ada kami akan paksa turunkan di stasiun berikutnya, itu sering kejadian," jelas Ida.