Ini Kerusakan yang Terjadi di Sleman Akibat Cuaca Ekstrem Beberapa Hari Terakhir

29 Januari 2018 20:40 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Angin kencang rusak jaringan listrik.

Harianjogja.com, SLEMAN--Dalam tiga hari terakhir, lima rumah warga rusak, 23 pohon tumbang, dan enam jaringan listrik putus akibat angin kencang dan hujan deras yang turun dengan intensitas tinggi di wilayah Sleman.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan, hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Sleman mengakibatkan sejumlah kerusakan. "Dampak angin hanya kerusakan ringan, sudah kami kondisikan," katanya, Senin (29/1/2018).

Angin kencang yang terjadi pada Minggu (28/1/2018) sore hingga malam misalnya menyebabkan sejumlah kerusakan di lima kecamatan. Di Kecamatan Tempel, sebuah pohon berdiameter 30 sentimeter tumbang. Selain mengganggu akses jalan juga merusak jaringan listrik di Kadirojo RT 04/11 Margorejo Tempel. Di Kecamatan Kalasan, akibat disapu angin kencang rumah milik Sugani, 86, warga Perum Purwomartani Baru Blok 2, rusak pada bagian atapnya. "15 lembar asbes dan empat lembar eternit pecah.  Untuk sementara ditutup dengan dua lembar terpal," jelas Makwan.

Masih di wilayah Kalasan, pohon Ketepeng berdiameter 20 sentimeter roboh di wilayah Bromonilan Purwomartani Kalasan sehingga menutup akses jalan warga. Di Kaliwaru RT 01/02 Selomartani, atap rumah milik Sigit Nurhuda juga berterbangan dan sudah dipasangi terpal.

Di Jaranan Argomulyo 1, Kecamatab Cangkringan, sebuah pohon sengon berdiameter 70 sentimeter dan pohon kelapa menimpa jaringan PLN serts mengganggu akses jalan Cangkringan. Pepohonan juga tumbang di wilayah Ngemplak, Caturharjo, Kecamatan Sleman. Sebuah pohon sengon berdiameter 30 sentimeter tumbang menimpa rumah milik Nuning.

Di Kecamatan Ngemplak, Rogobangsan RT01/03 Bimomartani Ngemplak sebuah pohon randu berdiameter 25 sentimeter menimpa jaringan PLN hingga kabel putus. Jaringan kabel listrik juga putus di wilayah Krebet RT 03/01 Bimomartani akibat tumbangnya pohon Melinjo berdiameter 25 sentimeter.  Di Sejati Trukan, Sumberarum Moyudan, rumah milik Suniyanto rusak akibat tertimpa pohon jati. "Di Sawahan Wedomartani, ada  batang pohon bendo tumbang mengganggu akses jalan. Semua sudah terkondisikan," katanya.

Banyaknya pohon tumbang akibat bencana angin kencang yang menimpa jaringan listrik PLN tidak hanya merugikan masyarakat. Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga harus memperbaiki kerusakan tersebut. "Untuk seluruh kerusakan sudah terkondisikan," kata Spv Teknik PLN Sleman Aldi Fauzi.

Masih adanya jaringan listrik yang putus lantaran banyak pohon perindang yang tidak dirawat berdiri di dekat jaringan listrik PLN. Saat pepohonan tersebut tidak kuat menahan angin, tumbang kemudian menimpa jaringan listrik. Pihaknya mencatat, tumbangnya pohon yang berakibat pada putusnya aliran listrik terjadi di beberapa lokasi. Seperti di wilayah Bimomartani, Ngemplak.