Advertisement

16 Seniman Bakal Garap Desain NYIA

I Ketut Sawitra Mustika
Jum'at, 09 Februari 2018 - 11:40 WIB
Bhekti Suryani
16 Seniman Bakal Garap Desain NYIA

Advertisement

Desain bandara baru akan memuat unsur kearifan lokal Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dan PT Angkasa Pura 1 sama-sama sepakat desain bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) mesti mengedepankan kearifan lokal. Sebanyak 16 seniman terlibat menggarap desain bandara baru tersebut.

Advertisement

Kurator Art Program NYIA Bambang 'Toko' Witjaksono menyatakan di dalam terminal bandara akan dibuat skenografi atau gambaran ruang yang menggambarkan Jogja secara keseluruhan. Mulai dari Sumbu Imajiner, Sumbu Filosofi, sejarah pembentukan serta budaya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, daerah pesisir dan lain sebagainya.

"Nanti dibuat skenografi atau tutur cerita tentang pesisir, karena lihat geografisnya dulu, dari selatan ke Utara. Terus masuk ke Kota Jogja dengan memasukan budaya Kraton. Kemudian akan diceritakan melalui karya seni seperti patung, mozaik, relief dan gerbang," ucapnya di Kompleks Kepatihan seusai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Kamis (8/2/2018). Hadir juga dalam kesempatan itu Direktur Utama PT Angkasa Pura 1 Faik Fahmi.

Ia mengutarakan akan ada 16 seniman yang terlibat, tapi saat ini nama-nama seniman yang dianggap tepat baru diajukan dan belum disepakati oleh PT Angkasa Pura 1.

Sri Sultan HB X menyatakan, desain NYIA seperti atap dan ruangan sudah diselesaikan, yang belum hanya detailnya saja. Untuk detail, ia menyerahkan sepenuhnya pada sang desainer. Yang terpenting baginya adalah kesepakatan yang sudah dirumuskan dijalankan sebagaimana adanya.

"Contohnya potensi kebudayaan, sejarah, peradaban yang ada di Jogja terungkap dan jadi roh desain setiap ruang. Enggak sekadar ruangan dipasangin lukisan, tapi ada nilai filosofisnya untuk memberikan roh di setiap ruang. Jadi pas orang masuk bisa langsung lihat 'oh ada sejarah ini dan tradisi ini," terangnya.

Sementara itu, Faik Fahmi menyatakan, kunjungannya kali iniĀ  bertujuan memaparkan desain NYIA kepada Sri Sultan HB X. Ia mengaku meminta arahan kepada Gubernur agar desain yang sudah dipersiapkan, baik dari sisi interior dan eksterior, bisa sejalan dengan program pengembangan bandara baru.

"Jadi memang mengharapkan desain bandaranya menonjolkan kearifan lokal atau ciri khas yang jadi ikon untuk Jogja," ujarnya pada wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement