Advertisement

Muhaimin Tuding Ada Skenario Membuat Jogja Tidak Aman

Ujang Hasanudin
Minggu, 11 Februari 2018 - 17:16 WIB
Kusnul Isti Qomah
Muhaimin Tuding Ada Skenario Membuat Jogja Tidak Aman

Advertisement

Selama ini masyarakat bawah sangat merindukan kedamaian dan ketentraman

Harianjogja.com, JOGJA-Pendiri Forum Persaudaraan Umat Beriman, Kiai Abdul Muhaimin mengungkapkan kesedihan dan keprihatinan atas kasus penyerangan di Gereja St.Lidwina, Gamping, Sleman.

Advertisement

Ia yang sudah lebih dari 25 tahun merawat kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama merasa terpukul masih terjadinya kekerasan. Namun, Muhaimin meminta semua pihak untuk tidak saling tuduh di internal masing-masing agama dan kelompok.

"Ini mesti ada skenario tersembunyi. Ada orang yang tidak suka Jogja rukun, supaya orang saling tuduh," kata Muhaimin, melalui sambungan telepon, Minggu (11/2/2018).

Muhaimin mengatakan, dari ratusan kali menggelar acara dialog lintas agama dan budaya, selama ini masyarakat bawah sangat merindukan kedamaian dan ketentraman. Mereka sudah merasa nyaman hidup berdampingan dengan berbagai suku, agama, dan ras.

Namun, terkadang akibat ulah para elit politik yang melakukan manuver-manuver demi kepentingan golongan berpotensi terjadinya letupan-letupan konflik di masyarakat. Tidak jarang elit politik justru memanas-manasi masyarakat di tingkatan bawah. "Mestinya tokoh politik dalam melakukan manuver bisa menjadi pencerahan, bukan sebaliknya," ucap Muhaimin.

Pemimpin Pondok Pesantren Nurul Ummahat Kotagede ini juga meminta aparat penegak hukum dan pemerintah tegas dalam menindak pelaku-pelaku intoleransi atau benih-benih yang berpotensi terjadinya gesekan. Ia sempat menyayangkan kejadian pembatalan bakti sosial yang digelar salah satu gereja di Banguntapan, Bantul. "Semestinya aparat melindungi bagaimana acara bisa berjalan lancar, bukan malah menakut-nakuti," tandas Muhaimin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement