PWI DIY Ajak Insan Pers Berefleksi

16 Februari 2018 20:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Wartawan tidak hanya bertugas bagi media, tetapi juga bertanggung jawab kepada masyarakat umum

Harianjogja.com, JOGJA-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY mengajak semua insan pers untuk berefleksi tentang tugas dan tanggung jawab yang diemban wartawan. Pasalnya wartawan tidak hanya bertugas bagi media, tetapi juga bertanggung jawab kepada masyarakat umum, serta keutuhan bangsa.

Refleksi bersama ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Pers Nasional (HPN). Refleksi akan digelar di gedung PWI DIY, Jalan Gambiran, Umbulharjo, pada Sabtu (24/2/2018) malam dengan menghadirkan Sudjito, salah satu penasihat PWI. "Pers harus menjadi alat pemersatu bangsa, bukan sebaliknya," kata Esti Susilarti, salah satu panitia HPN PWI DIY saat berkunjung ke Griya Harian Jogja, Rabu (14/2/2018).

Kunjungan media ini merupakan bagian dari sosialisasi rangkaian acara peringatan HPN. Hadir juga Ketua HPN PWI DIY Ki Bambang Widodo, Yulia Puspitasari (Sekretaris), Suwasto Dayanto (Bendahara), Jarot Heru Cahyono (Divisi Ziarah), dan Wisnu Wardhana (Divisi Usaha).

Esti mengatakan, di tengah situasi yang kerap terjadi disintegritas bangsa, peran media massa sangat dibutuhkan untuk menjaga keutuhan bangsa. Meski di tengah gemburan media sosial, ia yakin masyarakat akan mencari informasi yang disajikan media mainstream yang peduli pada kebenaran dan fakta.

Ki Bambang Widodo mengatakan, sebelum refleksi sejumlah rangkaian acara akan digelar di antaranya ziarah bersama ke makam pahlawan dan tokoh-tokoh pers di antaranya makam Ki Hajar Dewantara, Ki Mashuri Darmosugito, Ki H Samawi. Di luar itu khusus panitia akan tabur bunga ke 160 tokoh pers di DIY.

Ziarah bersama ini mengundang semua insan pers yang ada di DIY. Selain itu, acara lainnya adalah jalan sehat dan kesenian yang akan diselenggarakan pada Maret mendatang. "Untuk jalan sehat ini kami melibatkan tidak hanya wartawan, tetapi juga masyarakat umum," kata Bambang.

Wakil Sekretaris PWI DIY ini menambahkan, rangkaian acara peringatan HPN sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu dengan berbagai kesenian.