Advertisement

Patung Soekarno Bakal Berdiri di Meksiko

Sekar Langit Nariswari
Senin, 19 Februari 2018 - 10:40 WIB
Bhekti Suryani
Patung Soekarno Bakal Berdiri di Meksiko

Advertisement

Seniman Yusman jadi juri patung Soekarno di Meksiko.

Harianjogja.com, BANTUL--Maestro pematung Yusman ditunjuk menjadi juri sayembara pembuatan patung Presiden Soekarno di Meksiko. Acara yang berakhir pada 8 Januari lalu ini juga menggunakan maket buah karya Yusman sendiri.

Advertisement

Ia menjadi satu-satunya juri yang resmi ditunjuk pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Untuk pekerjaan ini, ia harus dua kali bolak-balik ke negara tersebut. Pertama kali pada periode November 2017 untuk persiapan sedangkan penjurian baru dilakukan setelah ia datang kembali pada Desember-Januari lalu.

Tak hanya itu, ia juga bakal kembali lagi ke Meksiko pada 23 Februari mendatang untuk melihat hasil pengerjaan pemenang. "Nanti 23 sampai 28 Februari kembali lagi untuk melihat hasil pengerjaan pemenang," katanya melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (19/2/2018).

Hal ini turut disampaikan kepada publik dalam perayaan syukuran penyelenggaraan pameran tunggalnya di Studio Patung Yusman, Kasihan, Bantul kemarin. Dikatakan pula jika momen penyelenggaraan pembuatan patung bapak bangsa ini merupakan suatu raihan positif yang harus diketahui masyarakat luas. Hal ini menjadi pertanda bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar terbukti dengan ketokohan Soekarno yang diakui bahkan hingga ke Benua Amerika, termasuk Meksiko dan negara lainnya.

Harapannya ialah masyarakat jangan sampai melupakan sejarah dan kebesaran bangsa ini termasuk pula nilai yang ditanamkan oleh bapak bangsa Indonesia. Patung Soekarno hasil karya pemenang akan dipasang di Taman Kota Meksiko bersama dengan tokoh dunia lainnya seperti Mahatma Gandhi.

Adapun, pameran tunggal Yusman yang digelar pada 20 Desember hingga 20 Januri lalu juga meraih prestasi. Pameran tunggal yang digelar di Jogja Gallery dan sebagian areal Alun-Alun Utara ini berhasil tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) atas rekor Pemrakarsa dan Penyelenggara Pameran Tunggal Patung Berkelompok Terbesar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement