UKM Sleman Bakal Ramaikan Festival Indonesia-Moskow

21 Februari 2018 15:55 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Rusia

Harianjogja.com, SLEMAN-Untuk mempererat hubungan kedua belah negara, Pemerintah Rusia dan Indonesia akan menggelar Festival Indonesia-Moskow pada Agustus mendatang. UKM Sleman dipastikan mengikuti pergelaran tersebut.

Duta Besar Indonesia untuk Rusia M Wahid Supriyadi mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia. Salah satunya terkait dengan kerja sama di bidang perdagangan. Tahun lalu, kata Supriyadi, terjadi peningkatan perdagangan antara Indonesia dengan Rusia.

"Selama Januari-November 2017 untuk sektor ini total kerja samanya $2,96 miliar atau 39,56 persen dari total kerja sama," katanya saat bertemu dengan Wakil Bupati Sleman dan pelaku usaha di Sleman, di Rumah Makan Jejamuran, Pandowoharjo, Sleman, Selasa (20/2/2018).

Selain itu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada periode yang sama juga meningkat. Tahun lalu, jumlah wisman asal Rusia sebanyak 110.529 wisman. "Dari 1,2 juta wisaman sebesar 37,28% berasal dari Rusia. Capaian ini menurutnya salah satu dari efek penyelenggaraan even festival tersebut," katanya.

Untuk mempererat hubungan kedua negara, pada Agustus mendatang baik Indonesia maupun Rusia menggelar Festival Indonesia Moskow. Festivak ini digelar di atas lahan seluas 18 hektar dengan target pengunjung 120.000 orang. “Di sana akan digelar berbagai macam potensi Indonesia baik kerajinan, kuliner, fashion, dan lainnya,” kata Supriyadi.

Dia berharap Sleman dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk memasarkan produk lokal ke luar negeri dan menggali peluang bisnis. "Banyak potensi lokal seperti olahan salak, produk kerajinan, batik pewarna alam, ataupun kuliner lainnya yang dapat dipasarkan melalui festival tersebut," katanya.