KISAH INSPIRATIF : Bukan Hanya Badan Sehat, Ipung Merasakan Manfaat Lain dari Bersepeda

21 Februari 2018 22:55 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Bersepeda memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, baik itu kesehatan pikiran dan tubuh

Harianjogja.com, KULONPROGO-Bersepeda memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, baik itu kesehatan pikiran dan tubuh. Dua hal itu diyakini oleh salah seorang inisiator Komunitas Sepeda Kulonprogo (KSKP) bernama Wahyu Purnama Sidi.

Lelaki yang akrab disapa Ipung ini mulai konsisten rajin mengayuh sepeda sejak 2002. Kala itu, komunitas atau klub pecinta aktivitas bersepeda belum menjamur seperti sekarang ini.

Menurut dia, dengan mengayuh pedal sepeda, maka seseorang telah membuat tubuhnya sehat, sekaligus menyegarkan pikiran. Karena, pesepeda bisa sekaligus menikmati pemandangan alam atau pemandangan apapun yang ada di sekitar titik-titik jalur bersepeda.

Pengalaman sehat karena bersepeda, dialami langsung oleh orang-orang terdekatnya. Misalnya, salah satu saudaranya yang perokok berat, yang awalnya memiliki tubuh kurus dan kering. Setelah ikutan 'gowes', napasnya menjadi teratur, tubuhnya kembali padat sehat, saudaranya itu juga berhenti merokok.

Orang lain yang juga merasakan manfaat langsung dari bersepeda adalah teman Ipung. Lewat hal-hal seperti itu, yang membuat Ipung kecanduan dan ingin terus bersepeda.

Di Kulonprogo sendiri, pesepeda bisa masuk-masuk ke pelosok desa tanpa merusak alam, tanah, tanpa menimbulkan polusi udara maupun bising suara mesin.

Selain itu, bisa juga menyapa masyarakat desa yang dilewati, sampai mendapatkan teman baru.  Baik itu masyarakat yang sempat disapa atau teman baru sesama pesepeda saat bertemu di jalan.

“Apalagi ketika upgrade part sepeda. Ketika kaki nyaman saat gowes, hati senang dan bonus pemandangan alam, saya mendapatkan perasaan bahagia dan senang, secara gak sadar tubuh juga sehat," ujar warga  Sebokarang, Wates, 9 Agustus 1987 itu, Selasa (20/2/2018).

Ipunk yang kesibukan sehari-harinya sebagai mekanik sepeda ini membentuk komunitas KSKP pada 15 Oktober 2017 lalu. KSKP dibentuk karena ada banyak sekali komunitas pesepeda yang hampir setiap hari gowes di Kulonprogo.

Sedikitnya, ada belasan klub sepeda yang terhimpun di KSKP, mereka berasal dari pecinta berbagai jenis sepeda. Mulai dari sepeda gunung XC (cross country), downhill, ontel, sepeda lipat, road bike, hingga BMX.

Tujuan KSKP bukan sekedar gowes, tapi juga membawa misi mengenalkan setiap sudut Kulonprogo baik itu wisata, keindahan alam, kuliner. Hanya saja yang terpenting ditekankan adalah sehat bersama masyarakat melalui dunia sepeda, imbuhnya.

"KSKP juga ada peduli kasih GBSKP [Gowes Bakti Sosial Kulonprogo],” ungkapnya.