PLN Bangun Gardu Induk di Madurejo

23 Februari 2018 07:20 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Pembangunan gardu induk tersebut akan berdiri di atas lahan sekitar 2,5 hektare

Harianjogja.com, SLEMAN-PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membangun Gardu Induk (GI) berkapasitas 150 kilovolt (kV) di wilayah Madurejo, Prambanan. Pembangunan gardu tersebut untuk mendukung perkembangan investasi dan pembangunan di wilayah Timur.

Manager Area PLN Jogja Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan, rencana Pembangunan Gardu Induk 150 kV Kentungan II di Madurejo tersebut akan dilaksanakan mulai tahun ini. "Saat ini masih dalam proses sosialisasi rencana pembangunan sekaligus proses kelengkapan perizinannya," katanya kepada Harianjogja.com, Kamis (22/2/2018).

Menurut rencana, pembangunan gardu induk tersebut akan berdiri di atas lahan sekitar 2,5 hektare. Kebutuhan lahan tersebut juga disesuaikan dengan hasil survei di lapangan. "Tanah yang akan digunakan merupakan tanah milik warga. Sudah dilakukan sosialisasi," ujarnya.

Eric menjelaskan, pembangunan GI 150 kV di lokasi tersebut sudah melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya, untuk mendekati pusat beban karena di wilayah Prambanan saat ini belum ada Gardu Induk. Selama ini juga kebutuhan listrik di wilayah prambanan dan sekitarnya dipasok dari GI 150 kV Kentungan I yang beroperasi di Banteng, Jalan Kaliurang, Sinduharjo, Ngaglik.

Bila GI dibangun di Madurejo lanjut Eric, diharapkan pelayanan listrik kepada masyarakat bisa lebih andal. Termasuk untuk mendukung perkembangan investasi dan pengembangan ekonomi wilayah. "GI Kentungan II rencana berkapasitas 2 X 60 MVA dan ditargetkan selesai di akhir 2018 ini," papar Eric.