Telur Bebek Langka di Jogja, Ini Harganya

24 Februari 2018 10:20 WIB Salsabila Annisa Azmi Jogja Share :

Harga telur bebek terus mengalami kenaikan sejak sebulan yang lalu

Harianjogja.com, JOGJA - Harga telur bebek terus mengalami kenaikan sejak sebulan yang lalu. Kini harga eceran telur bebek mencapai Rp2.400 per butir. Para pedagang kesulitan menentukan harga jual.

Pedagang sembako di Pasar Beringharjo, Suryani, mengatakan saat ini dia membeli telur bebek Rp2.400 per butir dan menjualnya Rp2.800 per butir. Margin keuntungan pun menjadi sia-sia karena Suryani masih harus menanggung biaya cuci telur.

"Ada untungnya tetapi tidak terasa. Kalau sebulan lalu harga beli eceran masih Rp1.500 per butir, masih bisa terjual. Keuntungannya masih terasa," kata Suryani, Jumat (23/2/2018).

Suryani mengatakan sejauh ini telur bebek yang dia jual hanya laku 1.500 butir. Saat harga telur bebek belum naik, dia bisa menjual 3.000 butir.

Pedagang telur bebek yang lainnya, Wagiyem membenarkan hal tersebut. Dia menambahkan naiknya harga telur bebek disebabkan karena kelangkaan stok. Pasalnya para distributor dari Jakarta lebih banyak memberi stok di daerah Jawa Timur. Akibatnya hanya sekitar 20% yang diberikan pada Pasar Beringharjo.

Sementara untuk telur ayam stok terpantau aman. Pedagang telur Pasar Beringharjo, Muryani mengatakan harga telur grosir menurun sejak kemarin. Saat ini terpantau harga grosir telur ayam Rp19.200 sementara sehari yang lalu terpantau Rp20.000. Oleh karena itu, margin laba menjadi semakin besar dan menguntungkan pedagang.