Bantul Masih Butuh 15.000 PJU

28 Februari 2018 08:55 WIB Sekar Langit Nariswari Bantul Share :

Upaya untuk pengadaannya juga kembali terbentur masalah pendanaan

Harianjogja.com, BANTUL-Bantul kini baru memiliki sekitar 5.000 unit lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di seluruh wilayahnya. Jumlah ini masih jauh dari cukup karena masih diperlukan setidaknya 15.000 unit lagi.

Aris Suhariyanta, Kepala Dinas Perhubungan Bantul mengatakan, sebagain besar yang belum terpenuhi ialah wilayah pesisir Bantul serta areal pegunungan seperti Dlingo. Namun, masih banyak pula titik di Kecamatan seperti Pleret dan Sewon yang perlu penambahan PJU. Upaya untuk pengadaannya juga kembali terbentur masalah pendanaan sehingga harus dilakukan bertahap.

http://m.harianjogja.com/?p=898495">Baca juga : PJU Bakal Difokuskan ke JJLS

Sebelumnya, Cahyadi, warga Terong, Dlingo mengeluhkan jalur Dlingo-Pathuk yang sama sekali belum memiliki penerangan berupa lampu PJU. Segelintir titik yang ada hanyalah swadaya masyarakat yang memasang lampu mulai dari teras hingga sisi jalan depan rumahnya.

Hal ini dinilai belum memadai sehingga perlu penanganan dari pemerintah. Beberapa titik yang sudah ada, seperti jalur Dlingo-Patuk, bahkan kurang terawat dan sudah rusak. “Belum ada tiga bulan dipasang sudah rusak, enggak nyala lagi,” ujarnya, Selasa (27/2/2018).