Diduga Terjadi Korsleting, Satu Rumah di Kotagede Terbakar

04 Maret 2018 15:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Kerugian materiel diperkirakan Rp100 juta

Harianjogja.com, JOGJA-Satu unit rumah di Kampung Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Jogja dilalap si jago merah, Minggu (4/3/2018) sekitar pukul 11.00 WIB. Penyebab kebakaran diduga korsleting listrik.

Kapolsek Kotagede Kompol Gunawan membenarkan adanya kejadian itu. Data yang diperoleh Harianjogja.com menunjukkan, kebakaran itu menimpa rumah Ahmad Zajuri yang berprofesi sebagai sopir. Adapun saksi kejadian Muki Sumto yang juga merupakan warga Pilahan.

Sekitar pukul 11.00 WIB, Muki mendengar suara seperti letusan di atap rumah. Ia kemudian mengecek letusan tersebut. Ternyata ada percikan api yang keluar dari atap rumah. "Kemudian saksi mengambil air untuk menyiram percikan api tersebut dan memanggil warga untuk membantu memadamkan api," ujar Kompol Gunawan.

Pada pukul 11.30 WIB, pemadam kebakaran (Damkar) Kota Jogja dan Bantul tiba di lokasi kebakaran. Api dapat dipadamkan pada pukul 12.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, tetapi kerugian materiel diperkirakan Rp100 juta. "Peralatan rumah tangga dan dokumen-dokumen terbakar habis," ujar dia.

Selain warga dan petugas pemadam kebakaran, unsur yang terlibat dalam upaya pemadaman api yakni personel Sabahara Polresta Jogja, personel Polsek Kotagede, BMR, FKPM, dan Koramil Kotagede.