Senangnya... 950 Pedagang di Jogja Dapat Timbangan Digital Gratis

06 Maret 2018 09:21 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Sebanyak 950 pedagang pasar tradisional di Jogja mendapatkan timbangan digital gratis dari Pemerintah Pusat

 
Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 950 pedagang pasar tradisional di Jogja mendapatkan timbangan digital gratis dari Pemerintah Pusat. Bantuan timbangan tersebut sebagai bentuk penghargaan pemerintah karena Jogja masuk salah satu daerah yang tertib ukur.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja, Maryustion Tonang mengatakan proses pendistribusian timbangan digital dengan kapasitas maksimal 15 kilogram itu didistribusikan dua tahap. Tahap pertama sebanyak 500 unit timbangan dan tahap kedua 450 unit.

Menurut dia, tidak semua pedagang pasar tradisional mendapat timbangan digital gratis. Total pedagang di Jogja sebanyak sekitar 15.000an orang dari 30 pasar tradisional di Jogja. Karena itu, ada syaratnya untuk mendapat timbangan gratis dengan harga per unitnya sekitar Rp550.000 itu.

"Syaratnya adalah pedagang warga Jogja dibuktikan dengan KTP dan pedagang yang selama ini tertib membayar retribusi, dan pedagang yang rutin menggunakan timbangan dalam setiap transaksi," kata Maryustion saat membagikan timbangan digital kepada pedagang pasar di kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi Legal di Jalan Sisingamangaraja, Mergangsan, Senin (5/2/2018).

Pembagian timbangan digital gratis tersebut juga dihadiri Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi; Kepala Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional II Jogja, Rumaksono; dan Kepala UPT Metrologi Legal Kota Jogja, Muhammad Ashari.

"Bantuan timbangan ini sebagai program Pasar Tertib Ukur dan Daerah Tertib Ukur untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kebenaran alat ukur," kata Rumaksono.

Sejak 2011 lalu, pihaknya rutin melakukan pengawasan alat ukur dan sampai akhir 2017 lalu sudah ditetapkan sebanyak 943 pasar tertib ukur secara nasional dan 32 daerah tertib ukur, salah satunya Jogja.