Pohon Sepanjang Jl. Bantul Dipangkas, Daun dan Ranting Boleh Diambil Warga

07 Maret 2018 00:20 WIB Sekar Langit Nariswari Bantul Share :

Pemangkasan dilakukan pada sejumlah dahan pohon perindang di sepanjang ruas Jl. Bantul

Harianjogja.com, BANTUL-Pemangkasan dilakukan pada sejumlah dahan pohon perindang di sepanjang ruas Jl. Bantul pada Selasa (6/3/2018). Pemotongan dikhususkan kepada cabang yang mengarah ke jalan raya.

Pemeliharaan ini dilakukan oleh setidaknya 12 personil dari Dinas Pekerjaan Umum Bantul. Andi, penanggung jawab pelaksana mengatakan jika setidaknya sudah ada tiga pohon perindang berukuran besar yang dipangkas dahannya.

"Penataan saja, untuk yang dahannya sampai melebihi jalannya," katanya ditemui di salah satu lokasi.

Pihaknya memang sengaja hanya memangkas dahan yang mengarah ke jalanan dan beresiko mengganggu pengguna jalan. Sedangkan untuk ruas jalan yang mengarah ke kediaman warga atau kabel listrik terpaksa dibiarkan karena merupakan kewenangan dari Dinas Lingkungan Hidup.

Menurutnya, dahan yang tumbuh hingga ke jalan akan berbahaya khususnya ketika curah hujan tinggi beserta angin.

Pemangkasan akan dilakukan selama beberapa hari di sepanjang salah satu ruas jalan utama di Bantul ini. Andi mengatakan ada banyak sekali pohon dengan dahan yang mengarah ke jalanan. Namun, sengaja dipilih pohon dengan ukuran dahan yang cukup besar dan lapuk untuk dipangkas terlebih dahulu.

Adapun, sejumlah batang pohon hasil pemangkasan itu kemudian diangkut dan dibuang oleh petugas tersebut. Namun, ada sejumlah potongan yang diminta oleh warga sekitar. Andi mengatakan hal itu bukan masalah dan akan diberikan secara cuma-cuma bagi warga yang mengajukan permintaan langsung di lokasi pemangkasan.

Wanto, salah satu warga yang tampak sedang menunggu di lokasi mengatakan jika sisa pemangkasan itu akan diminta untuk dijadikan setidaknya kayu bakar. Apalagi, cukup banyak dahan pohon berukuran cukup besar sehingga bisa bermanfaat bila dibawa pulang ke rumah.

"Buat dibawa pulang saja, jenis apa saja boleh, kan gratis," katanya singkat.