42 PPK dan 135 PPS Jogja Dilantik

10 Maret 2018 14:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Setelah pelantikan akan segera digelar bimbingan teknis

Harianjogja.com, JOGJA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja melantik 42 panitia pemilihan tingkat kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di Hotel Gowongan Inn, Jumat (9/3/2018).

Dalam proses pelantikan semua anggota PPK dan PPS mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Ketua KPU Kota Jogja Wawan Budianto mengatakan, setelah pelantikan pihaknya segera menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk meningkatkan kapasitas PPK dan PPS terkait pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

Ia meminta semua PPK dan PPS segera mempersiapkan diri karena pelaksanaan Pemilu 2019 akan berbeda dengan Pemilu 2014 lalu. Pemilu 2019 akan digelar secara serentak mulai dari pemilihan DPR RI, DPD RI, pemilihan DPRD provinsi dan kabupaten, serta pemilihan presiden.

Tiap tempat pemungutan suara (TPS) nantinya ada lima kotak suara. "Lebih banyak dari pemilu sebelumnya. Jadi PPK dan PPS harus mempersiapkan secara kemampuan dan kredibilitas," kata Wawan.

Ia meyakini semua PPK dan PPS yang terpilih hasil seleksi tersebut adalah orang-orang yang berintegritas dan bisa menjaga netralitas selama pelaksanaan pemilu.