Ada Mal Layanan Publik di Gabusan

15 Maret 2018 20:40 WIB Sekar Langit Nariswari Bantul Share :

Mal pelayanan publik di bangun di Gabusan, Bantul.

Harianjogja.com, BANTUL--Mal Pelayanan Publik (MPP) bakal dibangun di Pasar Gabusan Bantul. Salah satu inovasi Kementeriaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti konter pelayanan dan ruang laktasi.

Bupati Bantul Suharsono mengatakan jika MPP yang dibangun di kompleks pasar itu diharapkan mampu memberikan kemudahan, kecepatan, dan keterjangkauan bagi masyarakat. “Meningkatkan kualitas layanan dan kinerja aparatur Bantul juga,” ujarnya, Rabu (14/3/2018). Untuk pembangunan tersebut, tahap pertama telah digelar sosialisasi kepada institusi terkait.

Bupati juga mengatakan jika ini menjadi salah satu upaya meningkatkan penyelenggaraan pemerintah yang baik. Karena itu, OPD diminta semakin kreatif dengan adanya kualitas pelayanan yang lebih baik yang kini merupakan kebutuhan masyarakat. Diharapkan adanya solusi praktis bagi masyarakat yang membutuhkan kepastian, transparansi, dan percepatan.

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa saat berkunjung ke Bantul menjelaskan jika MPP akan menjadi lokasi penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa atau kegiatan administrasi yang berkaitan dengan pelayanan pemerintah baik pusat, daerah, BUMN, BUMD maupun swasta. Karena itu, sejumlah fasilitas yang disediakan di satu lokasi mulai dari berbagai konter pelayanan, tempat bermain anak, ruang laktasi, ATM Centre, fasilitas difabel, meeting room, dan multi function room.

Akan ada pula perpustakaan publik hingga food court sebagai layanan tambahan bagi masyarakat. Integrasi data dengan menyelaraskan sistem operasional prosedur, standar pelayanan dengan memanfaatkan data tunggal dan menguatkan layanan berbasis IT akan berdampak positif bagi pelayanan, kata Diah. (*)