Advertisement

BPK Mulai Audit Dana Parpol

Irwan A Syambudi
Kamis, 15 Maret 2018 - 19:40 WIB
Bhekti Suryani
BPK Mulai Audit Dana Parpol

Advertisement

Miliaran rupiah anggaran digelontorkan untuk parpol di Sleman.

Harianjogja.com, SLEMAN--Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) akan memulai melakukan pemeriksaan terhadap laporan penggunaan dana bantuan partai politik (Parpol) 2017. Hasil pemeriksaan digunakan sebagai acuan pencairan dana bantuan parpol 2018.

Advertisement

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman Hery Dwikuryanto mengatakan BPK sudah berkoordinasi dengan pihaknya untuk melakukan pemeriksaan terhadap laporan pengunaan dana bantuan parpol. Pemeriksaan tersebut kemudian akan dijadikan acuan dalam pencairan bantuan dana parpol tahun ini. “Kemarin BPK sudah kulo nuwun kalau akan melakukan pemeriksaan laporan pengunaan dana parpol,” kata dia, Kamis (15/3/2018).

Pada 2017 lalu untuk sebanyak sembilan parpol yang memiliki perwakilan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sleman, digelontor anggaran senilai Rp1,064 miliar. Setiap parpol diberikan dana bantuan sesuai dengan suara yang didapatkan pada Pemilihan Umum 2014 lalu, yakni setiap suara diberikan Rp1.777.

Sementara itu, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ketahanan Nasional, Kesbangpol Sleman, Indra Darmawan mengatakan selama ini dalam pencairan dana bantuan parpol diakuinya tidak menemui banyak kendala. Hanya saja memamang laporan dari partai politik terkait dengan berkas pertanggungjawaban dana tersebut kerap kali baru dikumpulkan saat menjelang tenggat waktu.

Diakuinya semenjak 2015 lalu pencarian dana bantuan parpol selalu berjalan lancar. Kecuali memang jika terdapat keputusan dari pemerintah pusat dan adanya partai yang mengalami masalah internal, maka ada sebagian yang tidak dapat mencairkan dana tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement