Libur Nyepi Diprediksi Tidak Ramai Wisatawan

15 Maret 2018 18:55 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Libur Hari Raya Nyepi tahun ini dinilai tidak akan berpengaruh banyak pada kunjungan wisatawan ke Gunungkidul

 

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Libur Hari Raya Nyepi tahun ini dinilai tidak akan berpengaruh banyak pada kunjungan wisatawan ke Gunungkidul. Diperkirakan kunjungan wisatawan akan seperti akhir pekan biasa.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan Libur Hari Raya Nyepi yang juga jatuh diakhir pekan tidak akan berdampak banyak pada jumlah kunjungan wisata. “Sepertinya tidak akan begitu pengaruh, kami juga tidak menarget kunjungan wisatawan liburan ini,” kata Hary, Kamis (15/3/2018).

Dia memperkirakan kunjungan akan seperti akhir pekan biasanya, sejumlah 25.000an wisatawan. Pantai juga dinilai masih jadi tujuan utama para wisatawan itu menurut Hary. Padahal menurutnya banyak juga potensi lain selain wisata pantai.

“Kalau berdasar data memang masih banyak yang ke Selatan, atau wilayah pantai. Tetapi ada trend menggembirakan tumbah pergerakan wisata di daerah Utara, seperti Nglanggeran, wisata-wisata di Gedangsari,” ujarnya.

Dia mengatakan pihak Dinpar juga terus membangkitkan destinasi baru, sehingga para wisatawan tidak hanya terkonsentrasi pada satu destinasi tempat wisata. Dia mengatakan potensi budaya, wisata dalam perut bumi atau gua, dan wisata lainnya juga menarik, tidak hanya pantai.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Pantai Baron, Edi Supomo, mengatakan, untuk setiap musim liburan dinilainya memang sangat signifikan jumlah kunjungan wisatawan, baik dari DIY maupun luar, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah.