Harga Bawang Putih Tembus Rp50.00 per Kilogram

19 Maret 2018 16:55 WIB Salsabila Annisa Azmi Jogja Share :

Pasokan bawang cepat membusuk.

Harianjogja.com, JOGJA--Harga bawang putih terpantau kembali mengalami kenaikan selama tiga hari terakhir. Menurut para pedagang, hal tersebut dikarenakan stok bwang dari beberapa daerah cepat busuk.

Salah satu pedagang pasar Beringharjo, Werit, mengatakan harga bawang putih kating sejak kurang dari seminggu ini mencapai Rp50.000 per kilogram. Dia pun menjualnya dengan harga Rp52.000 per kilogram. “Ini menjualnya juga sudah susah, karena saya belinya sudah terlalu mahal,” kata Werit, Senin (19/3/2018).

Werit mengatakan harga bawang putih sinco juga mengalami kenaikan sejak empat hari yang lalu. Kini harga bawang putih sinco mencapai Rp28.000 per kilogram. Sedangkan harga bawang merah terpantau stabil sejak dua bulan yang lalu yaitu Rp25.000 per kilogram.

Werit menambahkan kenaikan harga bawang putih disinyalir disebabkan karena stok bawang putih impor yang dipasok oleh beberapa daerah banyak yang cepat busuk. “Mungkin karena sudah lama di perjalanan, sampai sini sudah menyusut ukurannya, ada yang cepat busuk,” kata Werit.

Pedagang pasar Beringharjo lainnya, Semi, mengatakan saat ini harga bawang putih kating yang biasa dibeli olehnya mencapai Rp56.000 per kilogram. Bawang putih tersebut dia jual seharga Rp58.000 per kilogram. “Harga sudah naik sejak tiga hari terakhir, kalau bawang merah harganya stabil sejak berbulan-bulan yang lalu yaitu Rp28.000 per kilogram,” kata Semi. Semi mengatakan untuk stok lokal, pasokan dinilai aman.