Advertisement

Program Sertifikat Tanah Gratis di Bantul Fokus di Wilayah Pesisir

Ujang Hasanudin
Minggu, 15 April 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Program Sertifikat Tanah Gratis di Bantul Fokus di Wilayah Pesisir Ilustrasi sertifikat. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bantul tahun ini akan memfokuskan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di wilayah pesisir pantai selatan sebagai bentuk dukungan terhadap visi misi Gubernur DIY yang ingin menjadikan kawasan pesisir selatan sebagai halaman muka.

Selain itu, PTSL di wilayah pesisir juga untuk memberikan kepastian bagi investor yang akan berinvestasi di Bantul, khususnya di pesisir, “Jadi investor yang akan berinvestasi nantinya mendapat kepastian karena tanahnya jelas sudah bersertifikat,” kata Kepala BPN Bantul, Yohanes Parma, di kantornya, Jumat (13/4/2018).

Advertisement

Ada lima desa yang menjadi perioritas sasaran PTSL di pesisir di sekitar Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) Bantul dari Parangtritis Kretek hingga Kuwaru Srandakan, yakni Desa Parangtritis, Trihanggo, Srigading, Murtigading, dan Poncosari. Yohanes mengatakan setelah selesai di lima desa tersebut, pihaknya juga akan menyasar di 28 desa di sembilan kecamatan di Bantul.

PTSL merupakan program Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ BPN. Program tersebut merupakan pendataan tanah yang belum bersertifikat, kemudian menerbitkan sertifikat secara gratis untuk masyarakat. Tahun ini Bantul mendapat jatah sebanyak 76.000 bidang tanah dalam program PTSL. Jatah tersebut lebih banyak dari tahun lalu sebanyak 25.900 bidang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Catatkan Kenaikan Transaksi SPKLU, PLN Suguhkan Kenyamanan Bagi Pemudik EV Pada Arus Mudik Lebaran 2024

News
| Rabu, 24 April 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement