Advertisement

Bus Pariwisata dengan Patwal Memperparah Kemacetan di Jogja

Salsabila Annisa Azmi
Kamis, 26 April 2018 - 17:17 WIB
Nina Atmasari
Bus Pariwisata dengan Patwal Memperparah Kemacetan di Jogja Ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Musim libur atau weekend sering membuat Kota Jogja macet. Keberadaan bus pariwisata berukuran besar yang menggunakan patwal dinilai membuat gerah dan menyebabkan Kota Jogja semakin macet. Sedangkan belum ada perda atau peraturan untuk mengatur hal tersebut.

Salah satu warga Prawirotaman, Bani Alfath mengatakan dia gerah dengan bus pariwisata yang melewati jalan sempit di Kota Jogja dan menggunakan patwal untuk memecah kemacetan. "Sebenarnya apa urgensinya? Kalau buru-buru tidak usah piknik," kata Bani, Kamis (26/4/2018).

Advertisement

Bani mengatakan dia mendapati dua bus pariwisata berukuran besar yang menggunakan patwal siang ini berkeliaran di Prawirotaman menuju ke Jalan Kusumanegara. Dia pun penasaran apakah ada larangan soal penggunaan patwal bagi bus pariwisata yang melintas di ruas jalan sempit Kota Jogja.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Wirawan Haryo Yudho mengatakan belum ada perda yang mengatur penggunaan patwal bagi bus pariwisata. Namun Yudho menilai hal tersebut memang harus diatur secara resmi.

"Tetapi tidak mudah, harus dikoordinasikan dengan pemkab lain, kemudian ke pemprov. Karena bus-bus seperti itu kan tidak hanya melintas di satu dua kabupaten. Kalau bikin aturan harus diseragamkan satu DIY," kata Wirawan.

Beberapa kota besar sudah menerapkan pelarangan bus pariwisata masuk ke ruas jalan tertentu. Mengenai larangan tersebut, Wirawan mengatakan memang daerah sekitar Prawirotaman dan Malioboro sering macet karena bus besar. Namun selama ini belum ada pelarangan bus pariwisata masuk ruas jalan padat.

"Selama ini hanya ada rekayasa arus lalu lintas saja. Tidak ada larangan melewati ruas jalan secara spesifik juga. Memang harus dari Pemprov yang atur," kata Wirawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement