Advertisement

Kebun Teh Nglinggo Bakal Dilengkapi Kedai Teh

Beny Prasetya
Sabtu, 28 April 2018 - 15:37 WIB
Nina Atmasari
Kebun Teh Nglinggo Bakal Dilengkapi Kedai Teh Ketua Desa Wisata Nglinggo, Teguh Kumoro, menapaki jalan setapak yang dibuat dari kayu di kebun teh Nglinggo, Selasa (24/4 - 2018).Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menyiapkan dana hampir setengah miliar untuk merevitalisasi rumah produk pengolahan teh di Kawasan Kebun Teh Nglinggo, Pagerharjo, Kulonprogo.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo Widi Astuti, mengaku Pemkab Kulonprogo bakal melakukan revitalisasi rumah produk pengolahan teh di Kawasan Perkebunan Teh Nglinggo. Sebesar Rp 424 digelontorkan melalui DPP Kulonprogo agar wisata perkebunan teh di Samigaluh mengalami percepatan.

Advertisement

"Pada 2018 ini melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten, kami rehabilitasi. Saat ini masih tahap lelang," katanya Jumat (27/4) siang.

Ia mengaku kondisi Rumah Produk Pengolahan Teh Nglinggo sudah tidak bisa dikatakan sebagai rumah produksi yang mumpuni . Menurutnya faktor kebersihan menjadi kendala dalam pengembangannya.  "Namanya rumah produksi itu diusahakan sehigienis mungkin," katanya.

Pekerjaan yang bakal dilakukan di 2018 ini ialah pengerjaan pembuatan kedai teh dan penambahan sarana prasarana untuk menunjang agrowisata pengolahan teh. Hal tersebut di yakini Widi bakal menunjang agrowisata di kebun teh yang terletak di Desa Wisata Terbaik se DIY tahun 2018 itu.

"Kami berharap revitalisasi rumah produksi teh Nglinggo mampu membangkitkan ekonomi petani teh, serta mendukung agrowisata teh," ujarnya.

Ketua Kelompok Mekar Tani Desa Pagerharjo, Samigaluh, Teguh Kumoro mengaku berbahagia karena rumah produk pengolahan teh di Kawasan Kebun Teh Nglinggo. Terlebih dengan diberikannya kedai teh di sana, Kawasan Desa Wisata Nglinggo akan mendapatkan pembaharuan.

"Ditambah ada pelatihan pengolahan teh, saya berharap nilai guna dari petani juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement